Mohammad Yamin Dan Soekarno Diskusi Penyempurnaan Lambang GARUDA PANCASILA



Mohammad Yamin Dan Soekarno Diskusi Penyempurnaan Lambang GARUDA PANCA SILA.

●Pada masa pasca kemerdekaan Republik Indonesia, Arca Garuda Wisnu (Raja Airlangga) ini menjadi salah satu sumber inspirasi penciptaan Lambang Negara Indonesia Garuda Pancasila. 

●Berawal pada tanggal 16 November 1945 dibentuk Panitia Indonesia Raya yang diketuai oleh Muhammad Yamin dan sekretaris Ki Hajar Dewantara. Panitia ini bertugas menyelidiki arti lambang-lambang dalam peradaban Bangsa Indonesia sebagai langkah awal untuk mempersiapkan bahan kajian tentang lambang negara sampai kepada Candi Jawi Dan Candi Kidal.

●Dalam melakukan pendataan, panitia mengumpulkan gambar-gambar figur garuda yang terdapat pada kepurbakalaan Hindu-Buddha di Pulau Jawa, salah satunya adalah Arca Garuda Wisnu yang ditemukan di Trawas tersebut.

●Prof. Mr. Mohammad Yamin, S.H. Lahir 24 Agustus 1903 Sawahlunto Sumatera Barat.

●Istri RA Siti Sundari,Pada tahun 1937, Mohammad Yamin menikah dengan Siti Sundari, putri seorang bangsawan dari Kadilangu, Demak, Jawa Tengah. Mereka dikaruniai satu orang putra, Dang Rahadian Sinayangsih Yamin. 

Pada tahun 1969, Putra beliau melangsungkan pernikahan dengan Gusti Raden Ayu Retno Satuti, putri tertua dari Mangkunegara VIII.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel