Kades Di Sabu, Diduga Tilep Dana Desa Rp.100 Juta, Begini Modusnya


Kepala Desa Raerobo, Kecamatan Sabu Liae, Kabupaten Sabu Raijua, JRL diduga gunakan dana desa untuk kebutuhan pribadi. Tidak tanggung-tanggung, JRL diduga tilep dana sebesar Rp. 100 juta. Dana tersebut merupakan anggaran dana desa tahun 2019 dan tahun 2020.


Modus Kades Raerobo Korupsi 100 Juta
Sebagaimana dikutip dari Pelopor9.com, modusnya adalah dengan membuat laporan penggunaan dana palsu alias fiktif. Salah satunya adalah laporan penggunaan dana untuk pengerukan embung, padahal embung yang dimaksud tidak dikeruk. 


Guna melancarkan aksinya, JRL "memaksa" beberapa warga desa sebagai pekerja pengerukan embung untuk tanda tangani laporan penggunaan dana fiktif tersebut, Dimana dana untuk pengerukan embung itu sebesar 100 juta rupiah, Dalam laporan dijelaskan bahwa pengerukkan embung sudah selesai 100%, padahal tidak pernah dikerjakan. Hal itu dibongkar oleh pemuda desa Raerobo bernama Kristanto Kudju.


Tanggung jawab Penggunaan dana itu seharusnya tidak hanya Kepala Desa semata, Tetapi juga pendamping desa dan dinas terkait, bahkan camat dan jajarannya yang bertanggung jawab untuk mengawal proses pembangunan di sana. Namun, entah mengapa, semua diam seakan tidak terjadi apa-apa.


Selain pengerukan embung, Kristanto Kudju juga menduga ada beberapa pekerjaan lagi yang bermasalah antara lain, pembangunan MCK, dan sumur bor.  


Kasus ini sudah dilaporkan ke pihak kejaksaan dan kepolisian, namun hingga saat ini belum ada aksi nyata dari kedua lembaga penegak hukum tersebut. Kristanto berharap, polisi dan jaksa segera menindak lanjuti kasus ini, agar menjadi pelajaran bagi desa-desa yang lain. (Sumber: pelopor9.com)

BACA SELENGKAPNYA DI pelopor9.com 
KLIK 
Atau


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel