Wilson Therik: Rektor UNDANA Ambil Alih Lab Biokesmas Atas Dasar Apa? Itu Bukan Milik Undana


Rencana Pemindahan Lab Biokesmas ke Rumah Sakit Undana ternyata menuai persoalan. Pasalnya, pertemua rencana pemindahan itu membuat ricuh karena adanya adu mulut yang hampir adu jotos anatara rektor Undana, Fred Benu dengan Anggota Forum Academia (FAN) NTT yang adalah salah satu lembaga inisiator adanya lab itu, Dr. Elcid Li. Sampai sang rektor mengeluarkan kata kasar terhadap Elcid karena Elcid tidak setuju pemindahan lab itu.

Dari itu, Wilson Therik, salah satu Anggota Forum Academia NTT menuliskan bahwa tidak ada dasar rektor undana ambil alih lab biokesmas itu, sebab bukan milik undana, tapi milik rakyat NTT. 
Berikut ini postingan Wilson melalui akunnya WILSON THERIK:



"Laboratorium Biologi Molekuler Kesehatan Masyarakat NTT (disingkat Lab Biokesmas NTT) itu didirikan oleh tiga lembaga yaitu Pemerintah Provinsi NTT d.h.i. Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Universitas Nusa Cendana dan Forum Academia NTT (FAN). Inisiatornya adalah FAN. Tujuannya adalah membantu pemerintah NTT dalam penanganan pandemi Covid-19. Artinya Lab Biokesmas NTT itu bukan milik satu lembaga apalagi miliik satu orang tapi milik tiga lembaga yang semuanya merupakan representasi masyarakat NTT untuk NTT. Lalu Rektor Undana mau ambil alih Lab Biokesmas NTT! dasarnya apa? Nota Kesepakatan? jangan lupa bahwa Nota Kesepakatan itu terwujud karena inisiasi dari FAN!


Kalau ada yang mengatakan bahwa Lab Bioskesmas NTT itu harus dipimpin oleh seorang dokter, maka tolong baca baik-baik Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Labratorium Pemeriksaan Covid-19, dengan sangat jelas mengatur Persyaratan Sumber Daya Manusia (SDM): 1) Tenaga Dokter Ahli Patologi Klinik, atau Mikrobiologi Klinik, atau Dokter Umum yang telah terlatih, 2) Tenaga analis kesehatan/ahli teknologi laboratorium medis/litkayasa/peneliti virology dengan latar belakang pendidikan analis/biologi/kedokteran/kedokteran hewan/biomedis dan ilmu lain yang berkaitan. Ibu Fima Inabuy adalah Ph.D dalam ilmu Biologi Molekuler maka ibu Fima tidak menyalahi ketentuan untuk memimpin Lab Biokesmas NTT.


Kalau ada yang mengatakan bahwa ada pengelolaan anggaran yang tidak transparan, silahkan minta pihak berwenang untuk lakukan audit pada Lab Biokesmas NTT. Anggaran dikelola oleh Dinas Kesehatan NTT, Lab Biokesmas NTT mengajukan proposal ke Dinas Kesehatan NTT, itu pun tidak semua usulan dalam proposal bisa dipenuhi, pengadaan barang oleh Dinas Kesehatan NTT. Silahkan audit. 

Kemudian Dinas Kesehatan Kota Kupang instruksikan untuk tutup Lab Biokesmas NTT, apa kewenangannya? Lab ini diresmikan oleh Menteri Kesehatan dr. Agus Terawan dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, pengawasan ada pada Dinas Kesehatan Provinsi NTT.



Lab Biokesmas NTT harus tetap ada untuk kerja kemanusiaan di tengah Pandemi Covid-19 di bumi Flobamora, berhenti sudah dengan tunjukan arogansi dan kekuasaan. Musim angin abu nae, musim hujan lompor nae.

Wilson Therik  
Anggota Forum Academia NTT

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel