Nona Afni, Gadis Di Manggarai Yang Rawat 3 Orangtuanya Yang ODGJ, dan 3 Orang Adiknya

Kristina Viani Varnilan. Nama panggilannya Afni. Tinggal di Dusun Muwur, Desa Wae Mantang, Kecamatan, Rahong Utara, kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Dia seorang gadis tamatan dari salah satu SMK di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai. Dia tidak dapat melanjutkan studinya karena harus menanggung beban yang sangat berat. Yaitu menghidupi Bapa, Mama dan Bapa kecilnya yang ketiganya ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) serta menghidupkan dan mendidik 3 orang Adiknya. 


Adik pertamanya putus sekolah di kelas 2 SMP tahun lalu hanya karena tidak ada uang foto copy dan SPP. Adik kedua dan ketiga duduk di kelas 6 dan 4. 

Hidup mereka sangat sederhana dan prihatin. Mereka hidup di rumah yang sangat sederhana. Ada bagian-bagian pelepah bambu dan kayu yang sudah lapuk.


Dua hari lalu pagi-pagi setelah mengantar istri ke kampus UNIKA ST. PAULUS RUTENG  saya menuju ke Kampung Afni di Muwur, Desa Wae Mantang, Kec. Rahong Utara. Kab. Manggarai. Tujuan kedatangan saya hanya sekedar untuk melihat keadaan dan sharing dengan mereka.
 
Saya sempat menetes air mata dan merasa sangat prihatin melihat keadaan mereka. Hati saya sangat iba dan tertusuk melihat situasi ini.


Saya boleh tinggal di rumah yang layak dan makan dan minum apa yang saya kehendaki sementara masih ada segelintir orang yang hidup penuh sengsara.

Sekitar dua jam saya di tempat ini, saya mendengar sharing Afni dan dua tetangganya. Saya sangat salut dengan perjuangan Afni sebagai tulang punggung untuk merawat dan menghidupi Bapa, Mama dan Bapa Kecilnya serta adik-adiknya.


Sebelum saya pulang ke Ruteng. Saya mengajak dan memimpin doa singkat bersama mereka. Saya minta maaf kepada mereka atas kedatangan saya yang mungkin mengganggu kegiatan mereka. Saya menyerahkan bantuan ala kadarnya. Lalu saya berjanji akan melakukan sesuatu pada waktu yang akan datang untuk membantu keluarga ini dalam hal-hal yang sederhana yang bisa saya lakukan.


SELAMAT BERJUANG ADIK AFNI, TUHAN AKAN MEMBANTUMU LEWAT ORANG-ORANG YG BERKEHENDAK BAIK. 
TUHAN MEMBERKATIMU, ADIK AFNI!

Afni, seorang cewek berparas cantik dan berpenampilan sederhana


Bapa Kecil Afni, Donatus Dasor (43 tahun) dipasung

Rumah sangat sederhan berlantai tanah tempat Bapa Kecil Afni dipasung

Tempat Afni dan tiga adiknya tidur

Bapa Kecil Afni, Donatus Dasor (43 tahun) dipasung

Bapa Afni, Siprianus Jehudin (45 tahun) dipasung dan Mamanya yg jg sakit jiwa (sering omong sendiri dan tidak bisa bekerja)


Rumah tempat Bapa Afni dipasung dan mamanya.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel