Netizen Marah Karena Miss Universe 2020 Ayu Maulida Putri Sebut Komodo Asal Dari Sunda Kecil


Pemegang Mahkota Putri Indonesia 2020 Ayu Maulida Putri tampil mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020 yang digelar di Seminole Hard Rock Hotel & Casino di Hollywood, Florida, Amerika Serikat pada Minggu (16/5) waktu setempat.

 
Ayu mengenakan kostum bermotifkan komodo bertajuk "Komodo Dragon: An Indonesian Prehistoric Heritage". Kostum tersebut memiliki panjang sekitar 3 meter dan berat sekitar 136 Kg.  Kostum itu adalah hasil kolaborasi dari desainer Diana M Putri dari Diana Couture dan desainer aksesori Yuling Hoo dan Silvy Prajogo dari Le Ciel Design. Namun sayang, Langkah Ayu terhenti di babak 21 besar.


Pemenang mahkota perempuan tercantik di dunia ini adalah Andrea Meza dari Mexico. Runner up dari Brazil, Julia Gama, posisi ketiga, Miss Peru, Janick Maceta Del Castillo.

Namun, pernyataannya tentang tempat hidup komodo menjadi kontroversi, karena dia menyebut komodo berasal dari "Sunda kecil" (Bukan dari  Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, NTT). Ungguhan kontroversial itu ditulis Ayu di akun Instagramnya Jumat (14/5) lalu. 


"Berasal dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia selama jutaan tahun, komodo sering disebut sebagai "tautan terakhir ke dinosaurus Prasejarah", tulis Ayu Maulida melalui akun @ayumaulida97.


Sebenarnya, Ayu memiliki alasan logis di balik ungguhannya itu, sebab Nusa Tenggara Timur memang benar memiliki gugusan pulau pada zaman kolonial disebut sebagai bagian dari wilayah "Kepulauan Sunda Kecil". Nama Sunda kecil itu diberikan Belanda untuk menyebut deretan pulau-pulau kecil di timur Pulau Jawa, yaitu NTT dan Bali, NTB.


Oleh karena itu, banyak netizen yang berkomentar negatif, sebab menurut mereka, sebutan "Sunda Kecil" untuk NTT dan Bali, NTB saat ini tidak lagi relevan lagi sebab sebutan saat ini adalah "Bali-Nusra" (Bali-Nusa Tenggara). 


Jadi, seharusnya Ayu menyebut lebih spesifik, bahwa reptil terbesar di dunia yang masih hidup saat ini, hanya hidup di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. 

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel