Kabar Duka: Wiranto Meninggal Dunia



Menteri Pendidikan di zaman Presiden Soeharto, Wiranto Arismunandar meninggal dunia di usia 88 tahun. Wiranto Arismunandar tutup usia pada Rabu (19/5/2021) pukul 13.04 WIB di RS Pondok Indah, Jakarta. Baca juga: Formasi Guru PPPK Banyak Dibuka di Seleksi Calon ASN 2021, Cek di Sini Kabar meninggalnya Wiranto Arismunandar disampaikan oleh unggahan Instagram resmi milik Institut Teknologi Bandung (ITB) pada hari ini. 


Selain menjadi Menteri Pendidikan, Wiranto Arismunandar juga pernah menjabat sebagai Rektor ITB di periode 1988-1997. "Rektor ITB beserta pimpinan, dan segenap keluarga besar ITB turut berduka atas berpulangnya Prof. Ir. Wiranto Arismunandar, MSME. Semoga almarhum diberikan tempat mulia di sisi-Nya," tulis akun Instagram @itb1920. Berdasarkan data dari Wikipedia, Wiranto Arismunandar lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 19 November 1933. Wiranto Arismunandar merupakan kakak dari mantan Pangkostrad dan Ketua KONI, Wismoyo Arismunandar.


Pada periode 16 Februari 1979 - 20 Mei 1979, Wiranto Arismunandar termasuk salah satu anggota Rektorium ITB yang dipimpin oleh Soedjana Sapi'ie. Pada saat ITB berada di posisi genting, sebagai akibat dari gerakan mahasiswa ITB yang dianggap bertentangan dengan pemerintah. 


Rektorium dibentuk untuk mengisi kekosongan kepemimpinan ITB, setelah Prof. Iskandar Alisjahbana selaku rektor ITB diberhentikan secara mendadak pada 14 Februari 1978. Masa jabatan rektor yang dipimpin oleh Wiranto Arismunandar sejak 12 Desember 1988 sampai 7 Maret 1997. Dia mengganti Prof. Hariadi P. Soepangkat yang sudah dua kali menjabat sebagai rektor ITB. Dengan demikian, nama Wiranto Arismunandar tercatat dalam lintasan sejarah kepemimpinan ITB sebagai rektor kesepuluh ITB atau rektor kedua puluh enam Kampus Ganesha sejak TH Bandung didirikan. 


Sebelum Wiranto Arismunandar, Menteri Pendidikan dijabat oleh Wardiman Djojonegoro. Setelah Wiranto. Menteri Pendidikan dikendalikan oleh Juwono Soedarsono. Wiranto semasa hidupnya juga pernah menjadi Guru Besar Termodinamika ITB pada 1973. Lalu pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional pada 1978-1989. Baca juga: ITB Coba Kuliah Tatap Muka di Semester Baru Tak hanya itu dia juga menjadi ilmuwan Senior Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sejak 1989 dan pernah menjadi Penasihat Ahli PT Dirgantara Indonesia sejak 1989.


REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel