Segera Dibuka, Contoh Soal dan Cara Daftar Simulasi Tes CAT CPNS 2021, Kuota Terbatas



Seleksi CPNS tahun 2021 akan diadakan secara online melalui sistem terintegrasi, yaitu Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Sistem tersebut memuat tiga platform untuk rangkaian pendaftaran ASN 2021, termasuk seleksi CPNS. seleksi PPPK Guru dan Non Guru, serta seleksi Sekolah Kedinasan.

Cara Daftar Simulasi Tes CAT CPNS 2021

Calon pendaftar seleksi CPNS dapat mengikuti simulasi ujian CAT secara gratis melalui laman resmi CAT di https://cat.bkn.go.id. Untuk bisa mengakses simulasi CAT gratis, pengguna diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu. 

Berikut langkah-langkah melakukan registrasi di laman CAT BKN: Buka link https://cat.bkn.go.id/simulasi/daftar/ 

Pada form pendaftaran isikan nama lengkap, email yang masih aktif, password, tempat lahir, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Kemudian centang kolom Verifikasi. Klik "Simpan" Kemudian akan muncul halaman Konfirmasi Email. Periksa kembali alamat email apakah benar dan aktif. Jika sudah, klik "Email Saya Sudah Benar" Kemudian akan muncul halaman konfirmasi bahwa pendaftaran sukses. Lalu klik "OK" Pengguna akan otomatis diarahkan ke halaman Informasi Akun. Klik "Aktifasi Akun" Pada kolom Masukkan kode aktifasi, isikan 10 digit kode aktifasi yang telah dikirimkan oleh sistem ke email yang telah didaftarkan sebelumnya. Klik "OK" Soal-soal simulasi sudah dapat diakses.


Contoh soal-soal TIU CAT Salah tes yang akan diujikan dalam seleksi CPNS 2021 adalah Tes Intelegensi Umum (TIU). TIU merupakan tes untuk mengujikan kemampuan verbal, logika, numerik, dan analisis. 

Berikut contoh soal-soal TIU dalam CAT CPNS 2021. 








Soal No. 13 
Percaya atau tidak, vitamin D tidak hanya dapat membantu membentuk tulang kuat, tapi juga membantu mencegah kanker.

Sinar matahari merupakan sumber kunci dari vitamin D. Maka berjemur di bawah sinar matahari dapat membantu menurunkan risiko mengidap kanker. 

Penelitian menunjukkan bahwa sedikit paparan sinar matahari dapat mengurangi risiko kanker payudara, kolon, prostat, dan beberapa jenis kanker lain. 

Jumlah yang direkomendasikan untuk paparan sinar matahari yaitu selama 10 hingga 20 menit, dua sampai tiga kali seminggu. 

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang banyak ditemukan di ikan seperti tuna, salmon, makarel, dan sarden. Selain itu vitamin D juga ditemukan di telur, susu, dan sereal. 

Namun untuk memperoleh manfaat dari vitamin D, tubuh juga memerlukan paparan dari sinar matahari. 

Kendati vitamin D memiliki efek yang baik bagi tubuh, namun konsumsinya sebaiknya tidak berlebihan, terutama untuk vitamin dari sumber non-alami seperti suplemen. 
A. berjemur selama 10 sampai 20 menit, dua sampai tiga kali seminggu, dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara 
B. kadar vitamin D yang ditemukan dalam makanan seperti salmon, telur, dan susu lebih kecil dibandingkan sinar matahari 
C. ikan tuna, salmon, makarel, dan sarden mengandung vitamin D yang larut dalam lemak sehingga baik untuk dikonsumsi 
D. vitamin D yang memiliki efek baik bagi tubuh juga dapat diperoleh dari sumber non-alami seperti suplemen 
E. jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, suplemen yang mengandung vitamin D tidak berbahaya bagi kesehatan


Baca selengkapnya di artikel "Cara Ikut Simulasi CAT CPNS 2021 & Contoh Latihan Soal TIU Tes CAT", https://tirto.id/gdo5



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel