Terminal Haumeni TTS "Kamomos", Viktor: Kamu Punya Toilet Orang Lihat Jijik

Viktor Lasikodat saat kunjungi Terminal Haumeni, TTS

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu  Laiskodat, kunjungan kerja ke Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Senin (22/3/2021). Dalam sela-sela kunjungannya, Mantan Anggota DPR RI itu menyempatkan diri untuk kunjungi Terminal kebanggaan Masyarakat TTS, yakni Terminal Haumeni yang terletak di Kesetnana, Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Viktor didampingi oleh Bupati TTS, Egusem Tahun alias Epy Tahun.


Walau sebagai terminal utama dan kebanggaan bagi masyarakat TTS, ternyata terminal itu sangat amburadul dan terkesan tidak terurus. Viktor pub sangat menyayangkan hal itu. Ia menyayangkan fasilitas pendukung terminal yang tidak tersedia seperti papan informasi jadwal keberangkatan bus, tempat makan, toilet yang tidak terurus, hingga informasi tempat wisata. Dia meminta Bupati bersama jajaran terkait supaya membangun tempat makan di area terminal agar memudahkan penumpang yang menggunakan jasa angkutan umum atau bus di terminal itu. Padahal, menurut Viktor, hal itu wajib ada disebuah terminal agar memudahkan para penumpang. 


Viktor sempat bertanya kepada kepada pejabat yang mendapinginya, “Mana papan petunjuk terminal? Saat penumpang datang dia bisa lihat, oh ini bis tujuan ke sini, berangkatnya jam sekian dan seterusnya. Harus ada petunjuk seperti itu, Bikin yang benar, orang datang ada informasi yang bisa dilihat. Jangan seperti ini. Ini seperti tahun 1990 Sebelum Masehi. Tempat begini besar masa tidak ada restoran. Kalau orang lapar dia (penumpang) beli makan di mana. Masa jualan yang begini – begini saja. Ini sebelum Yesus lahir sudah ada yang begini masa begini terus,” Kata Vikotor dengan tegas. 



Viktor juga meminta bupati dan dinas perhubungan untuk menyediakan papan informasi wisata di area terminal. “Bikin juga pusat informasi ke objek wisata. Misalnya ke Kolbano berapa kilometer dari sini, ke Fatumnasi berapa kilometer, dan lainnya, sehingga memudahkan orang-orang untuk menemukan objek wisata favorit mereka,” Pinta Viktor.


Selain itu, Viktor juga menyayangkan kondisi WC yang ada di terminal yang tidak terurus dab terkesan jorok. Viktor tidak suka dengan Closed yang ada di WC karena masih closed duduk yang tidak baik di pandang mata.  “Kamu punya toilet macam begini, orang datang lihat jijik. Bikin tambah yang bagus,” tegasnya. Oleh sebab itu, viktor sangat berharap terminal Haumeni segera di benahi. 


Viktor menambahakan, gagasan yang dimaksudkan agar fungsi terminal tidak hanya untuk orang berkumpul dan menunggu kendaraan, namun harus ada fungsi lain yang telah terfasilitasi. Ia memastikan terminal Haumeni dan beberapa terminal tipe B di NTT akan segera dibenahi. Adapun fasilitas yang bakal dibangun adalah taman dengan air mancur, toilet, rastoran, mushola, mini market, barber shop dan tempat istirahat sementara.


BACA JUGA: 
Ini Nama-nama 52 Kades Di NTT yang Korupsi Dana Desa, Total Kerugian Negara 9 Miliar Rupiah Lebih

“Untuk awal, akan dibenahi dengan pos anggaran yang ada. Paling tidak kita mulai menata, menjaga kebersihan, membuat taman-taman yang indah, dilengkapi air mancurnya,” ungkapnya.
“Sudah saatnya setiap fasilitas perhubungan darat menjadi menarik serta menjadi tempat yang nyaman dan memiliki fungsi yang cukup luas,” Ungkap Viktor.

Artinya, ini menjadi pekerjaan rumah Bupati TTS bersama jajaran untuk melakukan pembenahan dan perbaikan agar terminal itu ditata selayaknya terminal agar memudahkan penumpang dan masyarakat. Mungkin tidak hanya di TTS, hal serupa juga terjadi di daerah-daerah lain, terminal yang tidak terurus dengan baik. Mulai dari fasilitas utama hingga fasilitas pendukung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

gg

Iklan Bawah Artikel