Begini Aturan Di Amerika Soal Passport Orient Riwu Kore Yang Kedaluwarsa

Orient Riwu Kore dan Istri


Pihak Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri) menyebutkan, paspor Amerika Serikat (AS) milik Bupati Sabu Raijua terpilih Orient Patriot Riwu Kore sudah kedaluwarsa atau expire. Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dalam diskusi daring, Rabu (3/3/2021) malam. "Jadi Pak Orient pernah memiliki paspor amerika, paspornya itu sudah expire," kata Zudan. Baca juga: Bupati Terpilih Orient Kore Disebut WN AS, Hasil Pilkada Sabu Raijua Digugat ke MK Zudan menjelaskan, Orient memang tercatat sebagai warga negara Indonesia (WNI) sejak tahun 1997 sampai dengan saat ini. 

Namun, karena ada fakta bahwa ia memiliki dua paspor yakni AS dan Indonesia maka Dukcapil Kemendagri meminta klarifikasi pada pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Dukcapil Kemendagri juga meminta klarifikasi langsung pada Orient terkait kepemilikan paspor AS. Dalam klarifikasi tersebut, Orient mengakui bahwa ia memiliki paspor Amerika namun masa berlakunya sudah kedaluwarsa. "Kemudian saya bertanya Pak Orient pernah enggak melakukan pelepasan kewarganegaraan? 'Tidak pernah'," ucap Zudan. 

Zudan juga meminta klarifikasi bagaimana Orient bisa memiliki paspor AS tersebut. Dari hasil klarifikasi, diketahui bahwa Orient memiliki paspor karena diberikan oleh tempatnya bekerja saat di Amerika Serikat. "Saya tanyakan bagaimana caranya bisa mendapatkan paspor? 'Saya (Orient) bekerja di instalasi penting di Amerika, yang untuk masuk instalasi itu harus memiliki paspor Amerika maka saya diberi paspor itu'," ucap Zudan, sembari menuturkan jawaban Orient. Orient terpilih sebagai Bupati Sabu Raijua dalam kontestasi Pilkada 2020 lalu. Namun setelah penetapan hasil pilkada Bawaslu menyebut bahwa ia berkewarganegaraan AS. 

Pernyataan Bawaslu bukan tanpa alasan, semua didasari pernyataan dari Kedutaan Besar AS di Indonesia yang membenarkan bahwa Orient berkewarganegaraan AS. Terkait masalah ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia masih melakukan pengkajian lebih lanjut mengenai status kewarganegaraan Orient. Beberapa pihak juga telah mengajukan gugatan hasil Pilkada Sabu Raijua ke Mahkamah Konstitusi (MK). Sidang akan di mulai pada 8 Maret 2021


Aturan Di Amerika Soal Passport  Yang Telah Kedaluwarsa

Dukcapil Republik IBerkaitan dengan Passport AS yang kedaluwarsa, maka sudah diatur dalam Konstitusi AS yaitu pasal 215 Undang-Undang Imigrasi dan Kebangsaan (8 U.S.C. 1185).

Passport AS kedaluwarsa tetap bukti kewarganegaraan. Setiap warga AS yang berstatus dwikewarganegaraan, wajib menggunakan passport AS untuk bepergian ke luar negeri.
Bagi pemegang Passport AS kedaluwarsa, jika bepergian ke luar negeri, maka akan dinyatakan MELANGGAR HUKUM AS, kecuali atas ijin/kebijakan Presiden dengan syarat2/batasan2 tertentu.

The rules surrounding expired passports are stated in section 215 of the Immigration and Nationality Act (8 U.S.C. 1185): 

Citizens:
Except as otherwise provided by the President and subject to such limitations and exceptions as the President may authorize and prescribe, it shall be unlawful for any citizen of the United States to depart from or enter, or attempt to depart from or enter, the United States unless he bears a valid United States passport.

(c)Definitions
The term “United States” as used in this section includes the Canal Zone, and all territory and waters, continental or insular, subject to the jurisdiction of the United States. The term “person” as used in this section shall be deemed to mean any individual, partnership, association, company, or other incorporated body of individuals, or corporation, or body politic.”

Terjemahan :
Warga:
Kecuali ditentukan lain oleh Presiden dan tunduk pada batasan dan pengecualian seperti yang diizinkan dan ditentukan oleh Presiden, akan melanggar hukum bagi setiap warga negara Amerika Serikat untuk meninggalkan atau memasuki, atau mencoba untuk meninggalkan atau memasuki, Amerika Serikat. kecuali dia memiliki paspor Amerika Serikat yang masih berlaku.

(c) Definisi
Istilah "Amerika Serikat" yang digunakan dalam bagian ini mencakup Zona Terusan, dan semua wilayah dan perairan, kontinental atau pulau, tunduk pada yurisdiksi Amerika Serikat. Istilah "orang" sebagaimana yang digunakan dalam bagian ini akan dianggap berarti setiap individu, kemitraan, asosiasi, perusahaan, atau badan perorangan, atau korporasi, atau badan politik yang berbadan hukum lainnya. "



REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel