Isu Dana Siluman 13 Miliar Di APBD Kabupaten Kupang Makin Memanas, Fraksi PDIP Wacanakan Pembentukan Pansus




Oelamasi, KI – Dugaan kuat adanya dana siluman sebesar tiga belas miliar rupiah dalam APBD Kabupaten Kupang TA 2021 kian menggelinding bebas.

Terbaru, Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Kupang wacanakan agar pimpinan DPRD segera membentuk Pansus untuk menelisik dana tiga belas miliar yang tiba-tiba masuk dalam APBD.

Lorens Buknoni, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Kupang, Sabtu (27/02) via sambungan telepon mengatakan, wacana tentang Pansus DPRD muncul saat rapat internal pimpinan DPRD bersama para ketua Fraksi dan ketua komisi.

Fraksi PDIP kata dia ingin mendapatkan penjelasan soal dana sebesar tiga belas miliar yang diduga siluman dan tiba – tiba muncul dalam APBD TA 2021 tanpa sepengetahuan dewan. Dana yang diduga siluman justru muncul pasca TAPD melakukan konsultasi ke Pemprov.

Menurutnya, Senin tanggal 01 Maret 2021 Bupati Kupang dijadwalkan akan memberi penjelasan kepada DPRD tentang ikhwal dana tersebut, dan jika penjelasan Bupati Kupang nantinya tidak diterima DPRD maka DPRD segera akan segera membentuk Pansus.

Deasy Ballo – Foeh anggota Fraksi PDIP yang dihubungi terpisah, Sabtu (27/02/2021) via sambungan telepon mengatakan, Fraksinya tidak ingin terjerumus dalam persoalan hukum akibat penetapan APBD yang tidak jelas mekanismenya.

“Fraksi tidak ingin terjerumus dalam penetapan anggaran yang tidak ada kejelasannya, jadi fraksi harus minta kejelasan sehingga kedepan tidak ada sandungan secara hukum,”Ujar Deasy Ballo – Foeh.

Ia mengatakan, rapat internal pimpinan DPRD bersama para pimpinan Fraksi dan Komisi masih membuka ruang koordinasi dengan pimpinan daerah soal penambahan anggaran tiga belas miliar dalam APBD TA 2021.Wacana pembentukan pansus akan dibicarakan lagi dalam rapat internal.

“Keputusan kemarin akan dibentuk pansus, jadi sampai sekarang kami di Fraksi PDIP menantikan keputusan tiga pimpinan DPRD,”Ungkapnya.

Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Kupang inginkan pemerintah memberi penjelasan tuntas dan terperinci soal penambahan anggaran tiga belas miliar termasuk pula berapa besar dana yang dialokasi untuk covid-19.


REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel