Pilpres 2024: Jokowi Berpeluang Tiga Periode


PENGAMAT politik Ujang Komarudin mengatakan, Joko Widodo (Jokowi) tidak mungkin maju lagi sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang, jika mengacu pada konstitus, Pasalnya mantan gubemur DKI Jakart a itu sudab men jabat sebagai presiden Seb anyak dLILI penock.

Jadi, tidak mungkin maju lagi, karena konstitusi(UUD 1945) membatasi prEsiden dengan dua periode jabatan. MasYarakat juga ingin mengubaH keadaan dengan Pemilu 2024 nanti” ujar Ujang kepada jpnn. com, Rabu(17/2).


Menurut dosen di Univeristas Al Azhar Indonesia ini, Jokowi dimungkinkan maju kembali sebagai calon presiden. jika dilakukana amandemen terhadap UUD 1945.
‘Terutmna pasal yang mengatur pembatasan presiden satu penode dan dapat dipiltih kembali pada periode berikutnya. Kalau ini bisa diubah, Jokowi bisa saja maju lagi’ ucapnya.

BACA JUGA: 

Lebih Lanjut direktur eksekutif Indonesia Political Review ini menyimpulkan, bisa tidaknya Jokowi maju kembali sebagai calon presiden, sepenuhnya tergantung pada perkembangan politik ke depan.

BACA JUGA: 

Jika disepakati untuk dilakukan amendemen terhadap UUD 1945, maka peluang tersebut sangat terbuka. Namun, jika kran amanandemen tidak dibuka. peluang mantan wali kota Solo itu maju kembali, tertutup sudah.

BACA JUGA: 

Mari kita lihat perkembangan politik dalam dua tahun ke depan, sebelurn P11- pres 2024 digeIar Biasanya semua akan terlihat menjelang pernilu, pungkas Ujang. (jpnn)


REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel