Saksi Hermanus Man Bantah Bukti Yang Diajukan Jaksa: Saya Sudah Disumpah, Tidak Mungkin Berbohong

Saksi Hermanus Man Bantah Bukti Yang Diajukan Jaksa: Saya Sudah Disumpah, Tidak Mungkin Berbohong
Hermanus Man

Pegiatliterasi.com – Sidang kasus dugaan korupsi bagi-bagi tanah Pemerintah Kota Kupang tahun, dengan terdakwa Jonas Salean selaku mantan Walikota Kupang kembali digelar pada Senin(14/12/2020) dengan agenda pemeriksaan Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man sebagai saksi karena merupakan salah satu penerima tanah Kapling dari terdakwa Jonas Salean. Sidang hari ini dipimpin majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mangngi, S. H. MH.

 

Hermanus Man Bantah Bukti dari Jaksa

Dalam sidang ini, hakim menyodorkan bukti bahwa saksi dr. Hermanus Man yang menunjuk batas tanah serta menandatangani sertifikat yang diterbitkan oleh BPN Kota Kupang.


Tetapi, Hermanus Man dengan tegas membantah bukti itu. Ia mengatakan bahwa ia hanya menandatangani surat pengajuan permohonan pembuatan sertifikat namun dia tidak pernah menunjukkan batas-batas tanah seperti bukti yang jaksa Penuntut Umum, Hendrik Tiip, Herry C. Franklin dan Emerensiana Jehamat sampaikan.


Untuk meyakinkan hakim dan jaksa, Hermanus Man berulang-ulang mengatakan, bahwa, ia tidak mungkin berbohong, karena sudah disumpah. Terdengar lebih dari tiga kali ia menyebut bahwa dirinya telah disumpah dalam persidangan.
“Majelis hakim yang mulia, saya sudah disumpah jadi tidak mungkin berbohong,” Tegas Mantan Wakil Jonas Salean itu.


Herman Man juga mengatakan dalam keterangannya bahwa tidak pernah tahu dan tidak pernah lihat serta tidak menunjuk batas tanah kapling yang dibagikan oleh terdakwa.
“Saya sudah sudah bersumpah yang mulia. Saya tidak tahu tanahnya dibagian mana, tidak lihat tanahnya dimana dan bukan saya yang menunjuk batasnya,” kata saksi.


Sidang dengan agenda pemeriksaan saksi itu dipimpin oleh majelis hakim, Dju Jhonson Mira Mangngi, S. H, MH didampingi hakim anggota Ari Prabowo dan Ibnu Kholiq. Terdakwa Jonas Salean didampingi kuasa hukumnya, Dr. Yanto MP. Ekon, S. H, MH, dr. Mel Ndaomanu, S. H, MH cs. Turut hadir JPU, Hendrik Tiip, Herry C. Franklin dan Emerensiana Jehamat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel Sedang #Viral