Begini Cara Buat Sumur Resapan Sederhana Untuk Menjaga Air tanah dan Patut Dipraktekan di Daerah Kekeringan

Di Indonesia, hampir semua daerah mengalami kekeringan di musim panas. Sumur-sumur yang digunakan warga biasanya kering ketika puncak musim panas atau musim kemarau. Hal itu karena ketersediaan air tanah menipis bahkan kering karena adanya penguapan akibat terpapar sinar matahari terlalu panas. Oleh sebab itu, perlu cara atau teknik tertentu agar air tanah tetap terjaga supaya sumur-sumur galian tidak kering di musim kemarau. Salah satunya adalah dengan cara membuat sumur resapan air.

Sumur resapan adalah salah satu teknik yang ditujukan untuk mengurangi aliran air di permukaan tanah (Run off) terutama ketika musim hujan. Melalui sumur resapan ini air hujan akan langsung masuk ke dalam tanah dan memiliki waktu lebih banyak untuk terserap (Daya Infiltrasi).

Manfaat Sumur Resapan

Beberapa manfaat sumur resapan diantaranya adalah 

1. Untuk menambah cadangan air tanah, 
2. mengurangi resiko banjir, 
3. mencegah intrusi air laut dan mencegah penurunan lahan.

Berikut ini adalah salah satu cara membuat sumur resapan yang sederhana dan mudah serta murah yang dapat dilakukan oleh siapapun di halaman rumah. Percaya saja, kita akan panen air hujan dengan sumur resapan ini.

Cara buat sumur resapan sederhana
Pembuatan sumur resapan untuk individu sangat mudah yaitu cukup dengan cara membuat lubang dengan ukuran 70 cm x 70 cm dan kedalaman 80-100 cm. Kemudian dinding sumur menggunakan pasangan bata kosong atau batu karang dan bagian tengahnya diisi dengan batu kosong dan kerikil atau batu kecil.

lihat contah Cara buat sumur resapan sederhana di bawah ini
Semoga bermanfaat.

Cara buat sumur resapan sederhana

Cara buat sumur resapan sederhana

Cara buat sumur resapan sederhana


Sekian artikel tentang Cara buat sumur resapan sederhana. Semoga bermanfaat.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel