Menjawab Pertanyaan, Seberapa Luas Alam Semesta?

SEBERAPA LUAS ALAM SEMESTA?

Banyak orang yang kaya raya dan hebat merencanakan pergi ke planet Mars. Seandainya ke Mars naik mobil dengan kecepatan lewat jalan tol, dari jarak bumi ke Mars akan butuh waktu sekitar 256 tahun untuk sampai. Itu baru Mars, apa jadinya jika kita ingin ke tata surya?

luas alam semsesta

Jika menembus keluar dari tata surya kita akan bertemu pesawat antariksa Voyager (objek manusia paling jauh, saat ini berada di luar angkasa) Voyager baru bisa dicapai dengan 23.858 tahun dengan mobil. Voyager melaju dengan cepat yaitu 61.500 km/jam. Dari sudut pandang Voyager matahari terlihat hanya setitik bintang di angkasa, tetapi matahari masih bisa menarik jutaan komet dan benda angkasa lainnya untuk membentuk wilayah yang dinamakan OORT CLOUD. Untuk Voyager bisa keluar dari Oort Cloud ini butuh 30.000 tahun lamanya. Namun ternyata, Oort Cloud adalah satu dari bagian wilayah yang bernama LOCAL INTERSTELLAR CLOUD. 

luas alam semesta

Apa yang lebih cepat di dunia ini?
Albert Einstein menemui di dunia ini objek yang paling cepat adalah cahaya, tidak ada yang lebih cepat lagi dari cahaya. Tetapi meskipun dengan kecepatan sekitar 1 milyar km/jam saja, cahaya masih butuh waktu 4 tahun lebih untuk sampai di bintang terdekat kita, yaitu Alpha Centauri. Dan pastinya tidak berhenti disitu, kalau kita zoom lagi kita bisa lihat keseluruhan dari galaksi kita berada (Galaksi Bima Sakti). Kira kira ada 100 - 400 milyar bintang, dan sekitar 800 milyar lebih planet di galaksi kita ini. Mungkin disini terlihat penuh dengan bintang, tetapi ada jutaan bahkan milyaran planet yang hidup di kegelapan, planet atau bintang yang hanya mengambang di luar angkasa. Dan ternyata Galaksi Bima Sakti hanyalah satu dari 54 galaksi berbeda yang ada di LOCAL GROUP (sebuah grup galaksi yang dekat dengan Bima Sakti yaitu, Galaksi Andromeda dan Galaksi Triangulum, serta lebih dari 50 galaksi lainnya).

alam semesta adalah

Local Group sendiri hanyalah bagian yang sangat mungil dari VIRGO SUPERCLUSTER, disini ada lebih dari 2.000 galaksi seperti Galaksi Bima Sakti yang masing masing ada isi bintang dan planetnya yang sudah tidak terhitung berapa triliun jumlahnya, bahkan angka nol nya sudah ngalahin inflasi rupiah.

alam semesta adalah

Virgo Supercluster sendiri adalah bagian sangat kecil dari LANIAKEA SUPERCLUSTER, pada skala ini tiap titik kecil yang kita lihat merupakan galaksi, yang isinya ada lebih dari 100.000 galaksi. Dari ujung ke ujung wilayah Laniakea adalah sekitar 520.000.000 tahun cahaya. Dan Supercluster kita ini ternyata hanya bagian yang bukan lagi kecil, tetapi sudah seperti debu di OBSERVABLE UNIVERSE atau wilayah alam semesta yang bisa kita amati, disinilah rumah dari 2 triliun lebih galaksi yang sudah tidak bisa terhitung lagi planet dan bintang-bintang di dalamnya, Dan menjadi ujung batas pengetahuan kita, manusia, tentang besarnya alam semesta untuk sekarang. Di luar ini tentunya masih ada lagi, tetapi sampai sekarang masih menjadi misteri. Yang para ahli dan penemu saja belum bisa memecahkannya. Yang kita tahu sekarang, lewat fisika, alam semesta di luar pengamatan kita sedang bertumbuh terus lebih dari kecepatan cahaya. Sampai disini mungkin paham, baru saja kita bukan mempelajari seberapa besar alam semesta, tapi justru mempelajari seberapa kecilnya kita di alam semesta ini.
alam semesta adalah


PALE BLUE DOT. by : Carl Sagan

Dari sudut pandang kita yang jauh ini.  Bumi, mungkin terlihat tidak terlalu spesial. Tapi bagi kita beda artinya.  Lihat kembali titik kecil itu, kita disini. Rumah kita. Itu kita. Di dalamnya ada semua orang yang kita cintai, semua orang yang kita tahu, semua orang yang pernah terlahir ke dunia, hidup disana. Seluruh suka dan duka kita, ribuan agama, ideologi, dan doktrin ekonomi. Setiap pemburu dan penjelajah, setiap pahlawan dan pengecut, setiap pembangun dan pemusnah peradaban, setiap raja dan rakyatnya, setiap pasangan muda yang jatuh cinta, setiap ibu dan ayah, anaknya yang penuh harapan, setiap guru yang mengajarkan moral, setiap politisi korup, penemu, superstar, pemimpin tertinggi, setiap orang suci dan berdosa, dalam sejarah spesies kita tinggal disana, di atas setitik debu, melayang, di sinari cahaya matahari. Bumi adalah panggung yang sangat kecil, dalam arena semesta yang sangat luas.
luas alam semesta

Sumber : channel youtube PBS Space Time, Kok Bisa, Wikipedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel