Ini Dia Sosok Wanita Penenun "Busana Tenun Sabu" Jokowi Dalam Rapat Paripurna 2020

Pegiatliterasi.com - Seperti biasanya, Menjelang HUT RI, Presiden RI dari waktu ke waktu, mempunyai agenda rutin tahunan yaitu Sidang Paripurna di Gedung Dewan. Selain sebagai pidato tahunan, juga untuk menyampaikan nota keuangan tahun berikutnya. Begitu pun dengan Presiden Joko Widodo. Seperti biasanya, Jokowi selalu tampil dengan slogan "Nawacita"nya yang ia usung sejak menjadi presiden tahun 2014 lalu. Karena itu, Jokowi sering memakai busana adat nusantara dalam acara HUT RI dan sidang tahunan atau acara kenegaraan lainnya.


BACA JUGA: Makna di Balik Motif Sarung Sabu


Tahun 2020 ini, Jokowi mengenakan busana motif tenun NTT, Yakni kain Tenun dari Sabu Raijua. Bukan baru kali ini Jokowi mengenakan kain tenun NTT atau kain Tenun dari Sabu Raijua. Sebelumnya tampak beberapa kali, Jokowi juga menggungkan baju dengan motif tenun NTT, yakni kain tenun Sabu Raijua. 

BACA JUGA: Kalender Adat Orang Sabu Raijua


Dengan adanya perhatian dari tokoh-tokoh nasional seperti Jokowi untuk mengangkat derajat dan popularitas kerajinan lokal seperti kain tenun NTT ata motif tenun NTT yang berasal dari Sabu Raijua ini, maka diharapkan pengrajin lokal mendapat nilai ekonomi lebih. 

BACA JUGA:  Mengapa Orang Sabu Banyak Di Sumba: Ini Sejarahnya

Pembuat Kain Tenun Sabu yang dikenakan jokowi dalam sidang tahunan 2020

Pembuat Kain Tenun Sabu yang dikenakan jokowi dalam sidang tahunan 2020
Nakopo Sedang Menenun
Dia adalah Ina Kopo (Nakopo) dari Mesara Lobohede. Nakopo adalah wanita pengrajin tenunan Sabu, berasal dari Kecamatan Mesara, Desa Lobohede, Kabupaten Sabu Raijua. Nakopo sudah biasa wara wiri keluar daerah bahkan ke luar negeri guna mendemontrasikan tenunan  dan budaya Sabu di berbagai acara. Nakopo mempunyai "butiq" tenun Sabu di wilayah Seba. Tepatnya, di Dekat Kantor BRI Seba, Sabu Raijua. 

BACA JUGA: 



kain tenun ntt

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel