Fatu'ulan, Desa di Atas Awan di Timor Tengah Selatan

Desa Fatu'ulan, Desa di Atas Awan di Soe, TTS

Fatuulan


BACA JUGA: 

Selain Hatimu, tempat ternyaman kedua adalah Fatuulan.
Fatu'ulan adalah desa diatas awan yang menawarkan keindahan alam yang masih perawan. Desa Fatu'ulan ini terletak di Kecamatan Ki'e, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Propinsi NTT.

padang Fatu'ulan padang Fatu'ulan
Perjalanan ke desa ini, kita akan melewati sebuah hutan hujan tropis yang sangat lebat yang menghiasi separuh perbukitan Fatuulan. Hutan ini ditumbuhi aneka jenis pohon besar dan hampir seluruh pohon ditumbuhi lumut. Jam 10 pagi kabut mulai turun menyelimuti seluruh hutan sehingga jarak pandang sangat pendek. Kabut kemudian menyebar dan menutupi seluruh perbukitan. Dingin pun terasa seperti es, rasanya seperti di Eropa yang memiliki musim dingin.


BACA JUGA:
padang Fatu'ulan desa Fatu'ulan

BACA JUGA:

Situasi seperti itu biasanya terjadi saat musim hujan. Sesekali terjadi pada saat musim kemarau. Dengan adanya kabut, maka hari akan terasa teduh karena pasti cuaca tiba2 mendung. Tak heran beberapa teman menamai desa ini sebagai ‘Desa di atas awan.’ Ya karena kabut turun masih sangat pagi dan bisa berlangsung sampai sore hari. Desa ini jelas menjadi desa yang sangat indah dan mempesona.

BACA JUGA:



padang rumput Fatu'ulan


BACA JUGA:

Pemandangan desa ini menjadi kawasan lain yang memanjakkan mata karena letaknya masih di lereng perbukitan Fatuulan. Menakjubkan!!!
Pemandangan perbukitan yang nampak alami, sunyi dan menimbulkan nuansa seram. Hanya terdengar kicauan burung. Tetapi nuansa keindahannya tetap yang lebih menggelitik. Kawasan ini juga adalah puncak dari perbukitan Fatuulan. Ada sebuah jalan pengerasan menerobos melewati tengah hutan yang bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah melewati kawasan hutan, kita akan sedikit menuruni perbukitan dan langsung memasuki desa Fatuulan.


BACA JUGA:


desa Fatu'ulan di tts


BACA JUGA:  Ini 8 Wisata Alam di TTS Yang Sedang Hits

Dari sini kita bisa langsung melihat hamparan laut Timor. Kita bisa melihat dengan jelas garis tepi pantai dengan pasir putihnya padahal jarak dari desa ini terbilang masih sangat jauh ke sana. Pandangan mata juga bisa melihat jelas kawasan pantai Kolbano yang terkenal dengan batu-batu putihnya yang licin. Kita juga bisa melihat jelas jalan penghubung antar desa yang nampak seperti garis. Kita juga bisa melihat liuk-liuk sungai yang sangat jelas.

BACA JUGA:



Soe, Januari 2015.
Narasi oleh: Honing Alvianto Bana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel