Ini 8 Wisata Alam di TTS Yang Sedang Hits

wisata alam tts

1. Padang Sabana Nu'at

Suara daun pinus yg bergesekan diterpa angin menjadi melodi alam yg bisa menemani perjalanan kawan2 untuk mencapai padang sabana ini. Untuk mencapai tempat ini, kawan2 hanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit dari ibu kota kecamatan mollo utara.

Tak hanya barisan pohon2 pinus menjulang tinggi, kuda-kuda milik masyrakat dan bukit-bukit hijau disekitar tempat ini juga ikut mempercantik padang sabana ini. Tempat ini bernama Padang Nu'at (menurun), Tomenas, kecamatan Mollo Utara.

Padang Sabana Nu'at di tts Padang Sabana Nu'at di tts

Padang Sabana Nu'at di tts Padang Sabana Nu'at di tts

Padang Sabana Nu'at di tts Padang Sabana Nu'at di tts


2. Bukit Bikium

Bukit Bikium ini berada di desa Tunua, kecamatan Molo Utara, kabupaten TTS. Perbukitan di sekitar desa Tunua ini menawarkan pemandangan yang sangat-sangat menakjubkan. Untuk sampai tempat ini teman-teman bisa masuk lewat cabang Tomenas atau cabang yang menuju ke danau Nausus. Jarak dari cabang Tomenas sekitar 1 KM.

Bukit Bikium di tts Bukit Bikium di tts

Bukit Bikium di tts Bukit Bikium di tts

Bukit Bikium di tts Bukit Bikium di tts

Bukit Bikium di tts Bukit Bikium di tts



3. Pantai Oenikan Pot, Salah Satu Pantai Tercantik Di TTS

Pantai Oenikan Pot merupakan salah satu pantai tercantik dijalur selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).


Pantai Oenikan Pot di tts
 Disini kita bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati indahnya pemandangan di pantai ini. Bebatuan unik ditepi pantai yg berbaur indah dengan air laut yang jernih dan berwarna kebiruan membuat suasananya begitu indah. Beberapa batu dibibir pantai ini sudah semacam jadi ikon pantai ini. Kalau teman-teman ke sini, kalian bisa mengambil gambar dgn berlatar batu-batu besar di tepi pantai yg romantis ini. (Ingat, kalau kesini jgn tinggalkan sampah ya)
Pantai Oenikan Pot di tts


Pantai Oenikan Pot di tts

Credit Photo: Aba Un

4. Padang Fatukolen

Fatukolen bisa menjadi salah satu tempat yang bisa teman-teman kunjungi jika ingin mencari suasana yang tenang sambil menikmati keindahan perbukitan yang indah. Jalan menuju ketempat sampai saat ini masih sertu tapi ketika memasuki tempat ini teman-teman akan langsung disambut dengan hamparan perbukitan yang hijau dan indah. Fatukolen memang menyuguhkan keunikan tersendiri bagi siapapun yang pernah singgah disini.
Padang Fatukolen


Padang Fatukolen
 Pohon-pohon hijau dan kabut tipis bak kapas juga sering kali ikut mempercantik perbukitan di desa ini. Oh iya, Fatukolen ini berada di desa Tunua, Kecamatan Mollo Utara. 
Padang Fatukolen


5. Tebing Fatukolen

Bagi para pecinta olahraga yang menantang, panjat tebing merupakan salah satu kegiatan yang bisa menjadi pilihan. Selain dapat mengolah tubuh dan melatih kecekatan, panjat tebing juga dapat memberi sensasi yang berbeda dari olahraga lainnya karena lebih menantang. 

BACA JUGA:
Di kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sendiri, terdapat banyak sekali tebing yang menantang untuk coba. Salah satunya adalah Bukit Batu Marmer Fatukolen yang berada di Desa Fatutnana, kecamatan Noebeba. 
Tebing Di Bukit Fatutole
BACA JUGA:
Bukit ini memiliki medan yang cukup menantang. Sehingga dapat menguji adrenalin para pemanjat tebing. Selain itu, lokasinya yang berada di alam bebas, membuat pemandangannya menjadi menakjubkan.
Tebing Di Bukit Fatutole
BACA JUGA:
Bukit batu ini memiliki bebatuan yang sangat bagus, serta panorama alam yang terhampar indah saat dilihat dari ketinggian tebing atau bukit ini.
Perlu kawan2 ketahui bahwa Bukit ini memiliki tiga titik puncak, oleh karena itu, ada tiga jalur yang bisa dilalui. 
Tebing Di Bukit Fatutole

BACA JUGA:
 Percayalah! Dengan melalui jalur pemanjatan yg ada, kalian akan melihat pemndangan yang luar biasa dan menantang. Ditambah pemandangan yang indah ketika berada di ketinggian tebing atau bukit, sehingga membuat kalian merasa betah berada di atas.
Tebing Di Bukit Fatutole

BACA JUGA:
 Saat berada diatas puncak bukit ini, anginya cukup keras. Untuk itu, disarankam untuk melakukan pendakian atau pemanjatan pada pagi hari.


Tebing Di Bukit Fatutole

BACA JUGA:
 Nah, untuk kawan2 yang ingin memanjat tebing atau bukit ini. Kalian perlu menyiapkan standar keamanan sebelum memanjat. Setelah semua sudah siap dan dipastikan aman, barulah kalian boleh melakukan pemanjatan.
Tebing Di Bukit Fatukolen
Oh iya. Lokasi Bukit Fatukolen ini berada di Dusun 2, Desa Fatutnana, kecamatan Noebeba, Kab Timor Tengah Selatan. Jarak dari Kota Soe ke lokasi ini sekitar 18 km. Aksesnya sangat bagus, jalannya hotmix. Salam

Credit Photo: Abang KaThon


6. Taman Bunga Lavender, Nenonaheun, Noinbila

Selain bunga Gladiol, di Timor Tengah Selatan juga terdapat hmparan bunga lavender yang tumbuh secara liar. Kata sebagian orang, bulan Februari dan Maret adalah saat yg tepat untuk berkunjung kesini. Kabar baiknya, saat berkunjung di bulan Februari dan Maret, kalian akan menjumpai hamparan bunga lavender yang sedang dalam masa mekar-mekarnya.

Taman Bunga Lavender di tts
 Hamparan bunga lavender ini tumbuh subur di Desa Nenonaheun, Kecamatan Molo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Saat berada disini, sejauh mata memandang akan terlihat hamparan bunga berwarna ungu. Sangat cantik dan indah. Kalian harus berkunjung kesini untuk membuktikannya sendiri.



Taman Bunga Lavender di tts

Credit Photo: Fia Tafui




7. Bukit Basodara Belakang Kota di Mollo, Soe-TTS

Ada yang sudah pernah ke Bukit Basodara Belakang Kota (B2K)?
Ada spot keren yang sedang hits di kalangan muda-mudi kota Soe. Tempat ini berkonsep kekinian dengan pemandangan alam perbukitan. Namanya adalah bukit B2K atau Bukit Basodara Belakang Kota

Jika kalian berkunjung ke bukit B2K ini, kalian bisa berfoto ria dengan berbagai spot foto seperti perahu bersaudara, sarang burung, lopo perdamaian, jalan masa depan, dan lain-lain yang sangat unik dengan latar perbukitan.





Tempat wisata B2K ini berada Desa Kesetnana, Kecamatan Molo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tempat ini sebetulnya sudah dibuka untuk umum sejak 7 Februari lalu.
Perlu diketahui bahwa, Bukit B2K ini dibangun secara gotong royong oleh pemuda setempat dengan memakan waktu kurang lebih satu bulan. 
Nama tempat ini cukup unik dengan mengusung konsep destinasi kekinian sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal TTS.
Nama Bukit B2K ini adalah singkatan dari "Bukit Basodara Belakang Kota".





Oh, iya. Untuk masuk ke sini kalian perlu membayar karcis Rp 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk parkir hanya 2 ribu rupiah perkendaraan saja. Salam

LIHAT JUGA:  Liburan Ala Eropa Di Padang Rumput Fatumnasi-TTS



8. Air Terjun Pahkoto  Di Kefa, TTU

Pegiatliterasi.com - Satu lagi, wisata tersembunyi ditemukan di wilayah Desa Tasinifu, Timor Tengah Utara. Ini adalah wisata alam air terjun yang belum banyak orang tahu dan kujungi. Nama "Pahkoto" berasal dari dua kata yakni "Pah" artinya "Wilayah" dan "Koto" artinya "Kacang". Jadi, Pahkoto artinya daerah atau wilayah yang ditumbuhi oleh berbagai jenis kacang. Entah kacang yang ditanam untuk dikonsumsi atau kacang yang tumbuh liar. 
wisata air terjun pahkoto di kefa
Foto: Arianto's NTT
wisata air terjun pahkoto di kefa
Foto: Arianto's NTT

Sumber air terjun Pahkoto berasal dari Gunung Babnain dan Bikekneno. Air terjun ini memiliki ketinggian balasan meter yang mengalir melewati dinding bebatuan keras berwarna hitam.

jalan menuju air terjun pahkoto di kefa TTU
Foto: Arianto's NTT
Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. Menggunakan kendaraan menuju arah Eban dengan akses jalan yang cukup baik. Dilanjutkan dengan melewati jalan yang berlubang dan tidak begitu baik. Perjalanan memakan waktu sekitar 60-90 menit dari Kota Kefamenanu. Karena tidak ada petunjuk, sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya bila beremu orang di jalan. 
Tiba di sana, kendaraan harus diparkir di pinggir jalan. Kemudian berjalan kaki melewati SD Kecil Oelmuke menuju air terjun sekitar 60-70 menit berjalan kaki.

Sumber informasi: FP Promosi Wisata TTS

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel