Lima Dampak Buruk Akibat Berlebihan Makan Tahu

dampak negatif makan tahu

Dampak Negatif Makan Tahu

Tempe Tahu adalah makanan khas keluarga Indonesia. Selain ekonomis, tahu tempe juga sehat dan mudah didapatkan. Selain itu, bagi vegetarian tahu tempae menjadi makanan pengganti yang cukup digemari dan ekonomis.

Tahu tempe dikenal memiliki nutrisi yang lebih baik karena terbuat dari susu kedelai. Tahu menjadi sumber yang kaya protein, kalsium dan zat besi. Setidaknya, terdapat 65-70 kalori per 100 gram tahu. Itulah yang menyebabkan, tidak sedikit ahli kesehatan menyarankan konsumsi tahu kepada penderita diabetes dan pasien jantung.

Meskipun demikian, makan tahu terlalu banyak dan keseringan, dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sebagaimana dikutip dari TribunManado, Setidaknya ada lima dampak buruk bila keseringan konsumsi tahu.

1. Membuat pencernaan protein menjadi sulit

Dr. Anju mengatakan, "Meskipun tahu mengandung banyak protein tanpa lemak, bila berlebihan konsumsi tahu, dapat menyebabkan penyerapan protein dalam tubuh menjadi sulit".

2. Akumulasi asam urat

Terlalu banyak makan tahu dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Ahli nutrisi yang berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood mengatakan, "Tahu adalah salah satu sumber protein terbaik, tetapi juga terdaftar di antara protein keras dalam hal daya cerna."
"Makan terlalu banyak tahu akan menyebabkan akumulasi asam urat berlebih di bagian bawah perut, yang bisa menyebabkan asam urat."

3. Ketidakseimbangan hormon

Konsumsi tahu yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada perempuan, "Penelitian telah mengklaim bahwa kelebihan asupan tahu, dapat mengganggu produksi estrogen yang mengarah ke masalah hormonal,"kata ahli gizi, Dr. Rupali Dutta.

4. Asupan kalori naik

Dr. Dutta mengatakan, "Apa pun yang berlebihan itu buruk." "Tahu mungkin dikemas dengan jumlah protein yang padat, tetapi konsumsi terlalu banyak dapat membuat jumlah kalori Anda bertambah, yang menghasilkan kenaikan berat badan.". Kebutuhan kalori adalah 1.200 sehari bagi perempuan dan 1.800 sehari untuk pria.

5. Dapat menyebabkan kekurangan mineral

Ahli gizi makro dan praktisi kesehatan Shilpa Arora mengatakan, "Tahu mengandung phytate yang mengganggu penyerapan nutrisi penting terutama yodium dalam tubuh." "Mineral penting ini meningkatkan metabolisme untuk fungsi tiroid." Kunci untuk kesehatan yang baik, penurunan berat badan atau pembentukan otot adalah sebanyak tentang 'makanan yang tepat'.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel