Waspadai Batu Empedu Seperti Dialami Komedian Miing Bagito, Ini 9 Obat Herbal Batu Empedu


Penyebab, Gejala, Cara Cegah dan 9 Obat Herbal Untuk Batu Empedu


Penyebab, Gejala, Cara Cegah dan 9 Obat Herbal Untuk Batu Empedu

Komedian Dedi Gumelar atau Miing Bagito menjalani operasi untuk pengangkatan batu empedu, pada Jumat (12/6) lalu. Istri Miing, Liesma Budi Wahyuni, mengatakan sejak awal Juni 2020 lalu suaminya itu selalu mengeluh kesakitan dan tidak bisa tidur lantaran harus menahan rasa sakit.

Penyakit batu empedu (cholelithiasis) adalah kondisi yang ditandai dengan sakit perut mendadak akibat terbentuknya batu di dalam kantung empedu. Penyakit batu empedu juga bisa terjadi di saluran empedu.


BACA JGUA: 7 Cara Ampuh Deteksi Penyakit Sejak Dini dan Cara Mudah Mengobatinya


Penyebab Terbentuknya Batu Empedu

Batu empedu diduga muncul karena adanya endapan kolesterol yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan itu terjadi karena cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi seseorang mbatu empedu, yakni faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.

Faktor risiko penyakit batu empedu 

Melansir Healthline, penyakit batu empedu dapat terkait pola makan. Namun, beberapa faktor risiko lainnya tidak dapat dicegah. Antara lain: 
  • Kelebihan berat badan atau obesitas 
  • Suka makan makanan tinggi lemak dan rendah serat 
  • Berat badan turun drastis
  • Penderita diabetes melitus 
  • Punya riwayat keturunan penyakit batu empedu 
  • Usia lebih dari 60 tahun 
  • Punya kondisi rusak organ hati akibat terbentuknya jaringan parut 
  • Mengonsumsi obat penurun kolesterol pada saat Hamil 
  • Mengonsumsi obat yang mengandung hormon estrogen 

Gejala Sakit Batu Empedu

Gejala utama batu empedu adalah nyeri secara mendadak di bagian kanan atas atau tengah perut. Sakit perut juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, hilang nafsu makan, urine berwarna gelap, sakit maag, dan diare.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala di atas atau gejala yang muncul disertai demam, menggigil, mata dan kulit berwarna kuning, atau sakit perut berlangsung hingga lebih dari 8 jam.

Namun, pada Kondisi tertentu, penyakit batu empedu (kolelitiasis) yang ringan jarang menimbulkan gejala. Orang yang menderita batu empedu mulai merasakan gejala ketika saluran empedu tersumbat akibat pengendapan batu empedu.

Cara Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Batu Empedu dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan hindari makanan bersantan, berminyak, berbumbu kacang, atau mengandung mentega.
Cara mencegah penyakit batu empedu Penyakit batu empedu dapat dicegah dengan beberapa cara. Antara lain: 
  • Buat jam makan teratur atau jangan sering melewatkan makan 
  • Turunkan berat badan perlahan-lahan 
  • Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan 
  • Jaga berat badan tetap ideal
  • Lebih banyak bergerak dengan cara berolahraga secara teratur


9 Obat Herbal Obati Batu Empedu

1. Apel dan garam Epsom


Minum dua gelas jus apel setiap hari selama dua minggu untuk melunakkan batu empedu. Selanjutnya, larutkan satu sendok makan garam Epsom dalam segelas air. Minum dua atau tiga gelas larutan garam Epsom dalam sehari.

Garam Epsom dapat membuka saluran-saluran empedu untuk mengeluarkan batu empedu yang sudah melunak. Kebanyakan orang akan mengalami diare yang cukup parah setelah menenggak garam Epsom.


2. Jus lemon

Campur setengah cangkir jus lemon dengan setengah cangkir minyak zaitun. Minum ramuan itu dalam sekali tenggak. Anda mungkin akan merasa mual dan mengalami diare setelahnya.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat memicu pengosongan kandung empedu dan asam sitrat dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu, yang membantu dalam melarutkan batu empedu.

4. Jus apel

Anda bisa mencampur satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas jus apel dan meminumnya setiap pagi. Asam malat yang ditemukan dalam jus apel dapat melunakkan batu empedu, dan cuka sari apel dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu, yang juga ikut melarutkan batu empedu secara perlahan. Cuka sari apel juga bisa mencegah pembentukan batu empedu.

5. Jus pir

Larutkan satu sendok makan madu dalam setengah gelas air hangat. Kemudian campur dengan jus pir. Pektin yang ditemukan dalam jus pir dikatakan dapat melarutkan batu empedu.


6. Teh daun peppermint


Daun peppermint mengandung mentol, senyawa yang dapat mematikan rasa (membuat kebas) dan meredakan nyeri.

 Anda hanya perlu merendam daun mint dalam air panas untuk membuat teh peppermint. Minum beberapa kali dalam sehari untuk mengeluarkan batu empedu.


7. Minyak jarak

minyak jarak sering digunakan dengan cara kompres. Anda dapat mencelupkan kain bersih ke dalam minyak jarak hangat dan tempelkan di sisi kanan atas perut yang terasa sakit. Biarkan kain di atas perut hingga satu jam.


8. Dengan minyak zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun bisa menyembuhkan batu empedu. Langkahnya siapkan teh yang ditambahkan dengan perasaan jeruk nipis.
Kemudian imbuhkan sebagian sendok minyak zaitun, minum obat ini dengan teratur supaya batu empedu cepat hilang. Minyak zaitun bisa dibeli supermarket atau toko sayur di daerah Anda.


9. Kunyit

Kunyit mengandung zat curcumin yang dikenal karena sifat antiradang dan penyembuhannya.
Anda dapat mengolah kunyit dengan cara menyeduhnya dan diminum sebagai teh herbal. Minum air rebusan kunyit setiap hari untuk melihat sampai sejauh mana perbaikan kondisinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel