Luar Biasa, Ini 7 Manfaat Rebung Bambu Bagi Kesehatan

Manfaat  Rebung Bambu

7 Manfaat  Rebung Bambu atau Tunas Bambu  Untuk Kesehatan

Rebung  merupakan tunas muda pohon bambu, tumbuh di samping tanaman induknya. Rebung  biasanya diolah jadi masakan lezat. Selain itu, ada banyak sekali Manfaat  rebung  bambu bagi kesehatan. 


Dahulu bahan dasar rebung bambu ini sering kali dikonsumsi, namun sekarang tidak banyak orang mengenal jenis bahan makanan yang lezat dan menyehatkan ini.
Meskipun tidak sedikit orang yang menghindari rebung karena aroma dan rasanya yang “unik”. Padahal, di balik aroma dan penampilannya yang tidak menarik ada beragam manfaat rebung untuk kesehatan.


Bahan makanan yang sering dimasak dengan kuah santan atau tumis ini memang terlihat sepele. Bahkan banyak orang yang menganggap kalau sayur rebung ini tidak mempunyai kelebihan apapun. Eits.. tapi jangan salah, bambu muda ini nyatanya punya manfaat besar bagi tubuh kita. Inilah 7 Manfaat  Rebung Bambu.

Berikut ini, 7 Khasiat  Rebug atau Tunas Bambu  Untuk Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Rebung mengandung serat tinggi. memiliki peran penting guna mengurangi kolesterol dalam darah.
Mengkonsumsi rebung dalam jumlah tepat, secara teratur, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. 


2. Mencegah penyakit jantung

Rebung memiliki kandungan fitosterol dan fitonutrien. Menurut sebuah penelitian, kedua zat yang ditemukan pada rebung itu dapat menjaga fungsi jantung dan menurun kan risiko sakit jantung.

3. Menurunkan berat badan

Rebung mengandung serat , tetapi rendah lemak dan kalori. Hal ini lah membuat rebung adalah makanan yang sempurna untuk orang-orang yang mencoba menurun kan berat badan.


4. Melawan Sel kanker

Zat fitonutrien yang ditemukan pada rebung bisa menjadi anti oksidan kuat, sehingga mampu mencegah dampak buruk radikal bebas pada tubuh. Hal ini dapat menurunkan risiko stres oksidatif, yang dapat menyebab kan kerusakan DNA dan kanker. Selain itu,  rebung bambu juga mengandung sejumlah klorofil yang dituding dapat mencegah mutasi sel.

5. Memperlancar BAB - buang air besar

Serat dalam rebung berfungsi untuk menambah berat tinja dan melembut kan nya.
Ini lah yang membantu tinja melewati usus besar lebih mudah, sehingga proses buang air besar menjadi lebih lancar.

6. Menjaga kesehatan kulit

Rebung bambu mengandung vitamin E, sebagai  anti oksidan yang bisa mencegah kerusakan pada tubuh terutama kulit akibat paparan radikal bebas.


7. Menurunkan risiko stroke


Senyawa kalium pada rebung dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah yang pada akhir nya turut menurun kan risiko stroke.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel