19 Khasiat Daun Suruhan atau Sirih Cina Untuk Pengobatan Herbal

manfaat daun suruhan

Daun suruhan yang dipercaya sebagai obat herbal yang sangat ampuh. Daun ini memliki berbagai kandungan alami antara lain: Kalsium, Minyak atsiri, Alkaloid, Lemak, Tanin, kalsium oksalat, Senyawa patuloside A, Pellucida, Glikosida, xanthone, Fitol, Fenetilalkohol, Kalium, Natrium, Magnesium, Fosforus. Selain itu, daun suruhan juga memiliki kandungan antibiotik, analgesik, anti inflamasi, dan diuretik yang sangat bermanfaat bagi beberapa poin kesehatan.

Manfaat Daun Suruhan Untuk Pengobatan Herbal

1. Mengatasi Pegal Linu

Masalah pegal linu mungkin Anda rasakan setiap hari karena berbagai aktivitas yang berat. Salah satu cara alami yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi pegal linu adalah dengan mengonsumsi daun suruhan. Daun suruhan dipercaya dapat mengembalikan stamina dan menaikkan energi Anda.

2. Mengurangi Rasa Nyeri pada Tubuh

Salah satu manfaat daun suruhan juga untuk mengatasi nyeri tubuh, nyeri otot, serta nyeri sendi. Semua itu didapatkan dari kandungan alami daun suruhan. Anda bisa meminum air rebusan daun suruhan saat mengalami gejala nyeri tubuh.
Ambil daun Suruhan, rebusan dan lalu minum dalam keadaan suam-suam kuku.

3. Mengobati Sakit Kepala

Jika Anda secara konstan mengalami sakit kepala atau migrain, maka Anda bisa minum air rebusan dan suruhan secara berkala. Manfaat daun suruhan juga bisa menyembuhkan vertigo secara alami. Seluruh bagian dari daun suruhan dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit kepala alami.

4. Membunuh Bakteri Jahat

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa daun suruhan memiliki kandungan alami dari senyawa patuloside A dan glikosida xanthone. Senyawa-senyawa tersebut adalah sumber yang sangat efektif untuk membunuh bakteri.

5. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun suruhan sebagai obat herbal alami. Masyarakat lokal sejak lama sudah meracik daun suruhan menjadi rebusan dan meminumnya sebagai penguat imun. Daun suruhan juga sangat bagus untuk membunuh bakteri dan kuman di tubuh agar tubuh tidak terserang penyakit.

6. Anti Inflamasi / Anti peradangan

Kandungan anti inflamasi di daun suruhan sangat banyak dan ini sangat efektif untuk mencegah dan mengobati radang. Meminum rebusan daun suruhan lebih baik dari pada Anda meminum obat anti inflamasi yang biasanya mengandung efek samping.

7. Obat untuk Ginjal

Percayakah kamu juga daun suruhan memiliki sumber yang cukup untuk merawat kesehatan ginjal? Kandungan alami di dalam daun suruhan sangat baik untuk ginjal. 

8. Pencegahan Kanker

Selain untuk kesehatan ginjal, daun suruhan juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Kanker adalah penyakit paling mematikan di dunia, namun Anda bisa memanfaatkan daun suruhan sebagai obat alami. Daun suruhan memiliki senyawa P. Pellucida yang berfungsi untuk memperlambat sel kanker. Namun, Anda harus tetap berada di bawah pengawasan dokter untuk konsumsi obat alami ini dalam menangani kanker.

9. Antioksidan

Tanaman herbal daun suruhan mengandung antioksidan alami yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Seperti yang diketahui, radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh. Minyak esensial dari daun suruhan mengandung senyawa bioaktif yang kuat dengan sifat-sifat anti bakteri dan pembasmi radikal.

10. Kandungan Antibiotik Alami

Manfaat daun suruhan lainnya adalah berperan sebagai antibiotik alami bagi tubuh. Kandungan ini sangat penting perannya dalam mencegah pertumbuhan mikro organisme dan menghindari terjadinya infeksi di tubuh. Kandungan dari daun suruhan dapat menjadi alternatif dalam antibiotik baru yang poten di era yang sekarang ini  sekaligus agen antioksidan yang efektif.

11. Mengatasi Katarak atau Infeksi Mata

Getah dari daun suruhan memiliki kandungan yang bisa membantu menyembuhkan katarak, infeksi, dan radang pada mata. Namun, untuk kondisi kesehatan mata yang lebih serius Anda wajib menghubungi Dokter Spesialis mata secara langsung.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat daun suruhan untuk kesehatan juga potensial untuk menurunkan kadar kolesterol. Cara mengolah daun suruhan adalah dengan merebusnya lalu meminum air rebusan tersebut secara teratur. Dalam kasus ini, Anda juga harus memperhatikan konsumsi makanan lain dan pemicu kolesterol Anda. Untuk tindakan lebih lanjut, mohon hubungi tim medis Anda.

13. Menurunkan Demam pada Anak

Para orang tua sejak zaman dulu sudah mengaplikasikan daun suruhan sebagai obat demam anak yang sangat manjur. Manfaat daun suruhan dan cara mengolahnya untuk demam adalah dengan cara menumbuk atau menghaluskan daun suruhan secukupnya. Lalu, Anda bisa kompres anak dengan tumbukan tersebut sambil terus mengecek suhu tubuh anak sampai turun dan membaik.

14. Mengatasi Kram Saat Menstruasi

Mengalami kram dan sakit perut saat menstruasi adalah hal yang sangat menyakitkan bagi sebagian wanita. Jika Anda mengalami hal tersebut, Anda harus minum air rebusan daun suruhan yang masih hangat. Kandungan alaminya mampu meredakan saluran yang keram dan sakit.

15. Merawat Kesehatan Kandung Kemih

Kandung Kemih adalah bagian dari sistem saluran kencing yang jarang kita perhatikan kesehatannya. Dengan daun suruhan, dapat membuat saluran kandung kemih tetap lancar dan sehat.

16. Obat Alami Impotensi

Banyak pria dewasa yang mencari alternatif untuk mengatasi impotensi. Daun suruhan memiliki zat alami untuk membuat penis bekerja lebih stabil dan gejala impotensi mendapat solusi. Cara mengolahnya daun suruhan hanya dengan merebusnya, lalu Anda bisa minum secara berkala.

17. Obat Asam Urat

Daun suruhan terkenal sebagai obat alami paling ampuh untuk menyembuhkan asam urat. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun suruhan satu gelas tiap hari. Anda juga bisa menambahkan madu agar manfaat daun suruhan bisa semakin maksimal.

18. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Berdasarkan laporan internal dari Utrecht, daun suruhan memiliki beberapa kandungan yang bisa juga dijadikan alternatif alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Namun, penelitian ini masih terus dikembangkan di berbagai penelitian.

19. Menyembuhkan Patah Tulang

Di wilayah Kamerun, daun suruhan dipercaya untuk menyembuhkan patah tulang secara alami. Percobaan ini pun dilakukan pada 2017, dimana tikus betina menjadi bahan percobaannya. Hasilnya adalah minyak esensial dari daun suruhan (Peperomia pellucida) meningkatkan kandungan kalsium di tulang pada dosis terendah pada tikus yang patah.

Baca Juga: Manfaat Daun Suruhan Untuk Hilangkan Jerawat dan Luka Bakar 

Cara Mengolah daun Suruhan untuk Obat Herbal:


"Pilih daun Suruhan segar beberapa lembar lalu cuci sampai bersih. Rebus 3 gelas air lalu masukkan daun suruhan tersebut, tunggu sampai cukup mendidih. Setelah itu, Anda bisa minum air rebusan daun suruhan tersebut secara teratur. Pastikan Anda selalu minum air rebusan daun suruhan yang baru dimasak".

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel