Jangan Abaikan: Delapan Gejala Anemia Yang Menyebabkan Serangan Jantung Mendadak

gejala anemia

Gejala Anemia 

Anemia adalah suatu keadaan yang menggambar kan kadar hemoglobin atau jumlah eritrosit dalam darah kurang dari batas normal. Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang biasa nya identik dengan rasa lemas berlebihan dan wajah yang pucat. 
Gejala anemia bervariasi. Karena tergantung pada jenis, penyebab, keparahan penyakit dan penyakit lain yang mendasari. Antara lain adanya perdarahan, luka pada lambung, gangguan haid dan kanker.

Menurut Healthline, orang yang anemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, yakni protein dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Artinya, tanpa hemoglobin yang cukup, jantung harus bekerja lebih keras untuk membawa oksigen. Inilah yang menyebab kan perasaan bahwa jantung kita berdetak tidak teratur atau lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa gejala anemia yang tidak boleh diabaikan:

1. Sering kehabisan napas atau pusing

Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tubuh tidak dapat memproduksi protein yang di sebut hemoglobin guna memungkinkan oksigen untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.
Akibat nya, gejala anemia yang muncul adalah sulit bernapas dan terkadang oksigen di kepala sangat sedikit, sehingga orang yang mengalami anemia akan merasa pusing.

2. Mudah lelah

Seperti disebut kan sebelum nya, kelelahan adalah gejala anemia yang paling sering terjadi.
Kelelahan disebab kan oleh proses yang sama hingga menyebab kan sesak napas dan pusing. Tanpa cukup zat besi atau vitamin B12, tubuh tidak memiliki cukup hemoglobin, sehingga tidak cukup oksigen untuk metabolisme tubuh.

3. Kulit terlihat lebih pucat

Jika kita tidak memiliki sel darah merah yang sehat, metabolisme tubuh tidak dapat berjalan dengan baik. Tidak heran, akibat nya kulit pun terlihat lebih pucat karena distribusi sel darah ke kulit tidak merata.


4. Sakit di dada

Ketika ada lebih sedikit sel darah merah sehat yang beredar, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkan nya ke seluruh tubuh. Akibat nya, jantung berdetak lebih cepat dari biasa nya dan kita mungkin mulai merasakan ketegangan akibat dari nyeri dada tersebut.  Gejala ini sangat berbahaya bagi kita yang memiliki masalah jantung. The National Heart, Lung, and Blood Institute melaporkan bahwa ketika jantung kits harus bekerja lebih keras, detak jantung pun menjadi tidak teratur, jantung membesar atau bahkan gagal jantung.


5. Kehilangan banyak darah

Mengalami anemia akibat kehilangan darah bisa juga terjadi, karena alasan yang berbeda, salah satu nya bisa karena hamil. Wanita hamil sangat rentan terhadap anemia karena tubuh nya harus memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tanpa cukup zat besi, vitamin B12 atau folat, produksi sel darah merah sehat juga menjadi lebih sedikit, akibat nya, tubuh menjadi lemas.


6. Menginginkan es batu dan makanan Ringan Lainnya

Mungkin salah satu gejala anemia yang paling tidak biasa adalah kecenderungan kita untuk mendambakan makanan atau camilan yang tidak bergizi seperti es batu dan kue. Menarik nya adalah bahwa dokter dan peneliti masih belum tahu mengapa pasien anemia kadang sangat membutuh kan mengunyah atau mengonsumsi zat makanan yang tidak biasa. Namun, Andrew Artz, MD, salah satu peneliti dari University of Chicago, mengatakan hal ini adalah gejala anemia defisiensi besi yang sangat umum.


7. Tangan dan kaki terasa dingin

Jika merasa tangan dan kaki lebih dingin dari biasa nya, bisa jadi tandanya kita kekurangan zat besi atau anemia.
Sebab, ketika anemia, kita tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat di dalam tubuh.
Pada akhir nya, zat besi yang kemudian membantu sel-sel darah ini mengirimkan panas dan nutrisi ke seluruh sel tubuh, jadi, ketika memiliki kekurangan, kita lebih rentan merasa kedinginan.

8. Denyut jantung tidak teratur

Palpitasi jantung atau jantung berdetak lebih cepat dari biasa nya adalah tanda anemia defisiensi besi. Menurut Healthline, orang yang anemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah, yakni protein dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Artinya, tanpa hemoglobin yang cukup, jantung harus bekerja lebih keras untuk membawa oksigen. Inilah yang menyebab kan perasaan bahwa jantung kita berdetak tidak teratur atau lebih cepat.

Jika merasakan berbagai kondisi di atas, lebih baik segera periksa ke dokter untuk mendapat kan penanganan yang tepat, dengan demikian, aktivitas kita pun tidak akan terganggu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel