Apa Itu CPC, Impression dan CTR

 

Apa Itu CPC, Impression dan CTR

Banyak yang bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan CPC, Impression dan CTR dalam istilah google adsense. 

Berikut pengertian dari CPC, Impression dan CTR

  • Impression


Impression adalah total munculnya sebuah link URL di hasil pencarian google search, walaupun link URL itu tidak diklik atau bahkan tidak dilihat oleh para pencari, tetap disebut impression. Jadi, setiap kali link URL muncul di hasil pencarian google search, itu disebut dengan "impression"

  • Click Through Rate (CTR) 


CTR adalah Click dibagi Impression kemudian dikali 100. Jika link Anda muncul 20 kali di hasil pencarian dan mendapatkan klik sebanyak 10 klik, CTR-nya adalah 50 persen.

  • CPC atau Cost Per Click 


CPC adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh para pengiklan (advertiser) kepada penyedia platform, salah satunya Google, ketika iklan mereka diklik oleh pengguna internet. Ya, CPC memang merupakan bagian utama dari Google AdSense atau pemasangan iklan di internet.


Memperbaiki Masalah Search Indexing Di Google Search Console 

Salah satu fitur paling berguna dari Google Search Console adalah menemukan dan memperbaiki indexing error atau masalah indeks psotingan blog. Indexing error atau masalah indeks dapat mempengaruhi ranking di hasil pencarian yang disebabkan oleh berhentinya aktivitas crawling dan indexing dari mesin pencari.
Anda bisa dengan mudah menemukan error tersebut melalui menu Coverage > Index. Menu tersebut akan menampilkan halaman mana saja di website Anda yang sudah terindeks oleh Google dan mana yang mengalami error atau mendapatkan peringatan.

Google Search Console juga akan memberikan informasi detail untuk mempelajari error yang terjadi dan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa error yang paling sering ditemui:
  • 404 Error: Error ini menunjukkan crawler dari mesin pencari sudah mengikuti link URL, tetapi yang muncul adalah 404 error.
  • Soft 404 Error: Error ini terjadi ketika crawler mesin pencari mendapatkan halaman 404 error, tetapi status kode halaman mengirimkan pesan 200 (yang berarti sukses) ke browser.
  • Server Error: Hal ini menunjukkan server Anda mengalami time out atau tidak merespon. Error ini biasa terjadi ketika website mendapatkan trafik sangat banyak, sedang maintenance, atau tidak muncul karena alasan lain.
  • Not Followed: Error ini terjadi ketika Google tidak bisa memahami tipe konten di website. Konten yang dimaksud bisa jadi flash, javascript, iframe, atau lainnya.

Berikut adalah cara mengatasi masalah-masalah di atas:
  • 404 Error
Pertama, yang perlu Anda pahami adalah tidak semua 404 error sama. Anda bisa mengabaikan beberapa di antaranya dan hanya memperbaiki yang benar-benar error saja.
Misalnya, jika Anda menghapus sebuah blog post dan tidak ingin mengarahkan pengunjung ke blog post lain, tidak masalah untuk mengabaikan 404 error semacam ini. Google pada akhirnya akan melakukan deindex pada halaman ini jika terus menerus menemukan 404 error.
Akan tetapi jika Anda menemukan halaman dengan 404 error dan ingin mengarahkannya ke artikel baru, Anda bisa melakukan redirect.


  • Server Error
Server error di Google Search Console disebabkan oleh beberapa alasan. Salah satu yang paling sering ditemui adalah server mengalami time out yang menghasilkan error atau tidak muncul sama sekali.
Gunakan Fetch as Google Bot untuk memastikan apakah halaman tersebut benar-benar error. Jika Fetch as Google Bot menunjukkan halaman itu berjalan normal, Anda bisa mengabaikan error tersebut.

Sumber Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel