Hari Tuhan Disebutkan dalam Nubuat Alkitab

Apa Nubuat Alkitab Tentang Hari Tuhan

Nubuat Alkitab Tentang Hari Tuhan 

Hari Tuhan mencakup serangkaian peristiwa dahsyat yang mengarah pada kembalinya Yesus Kristus dan penindasannya yang kuat terhadap pemberontakan manusia terhadap Allah.
Nubuat-nubuat mengenai Hari Tuhan kadang-kadang dapat dipenuhi sebelumnya dan kemudian. Apa artinya itu adalah bahwa pesan-pesan para nabi kuno diterapkan sebagian kepada orang-orang yang mereka khotbahkan, tetapi banyak dari nubuat-nubuat ini juga merujuk pada masa depan ketika Allah akan campur tangan dalam urusan umat manusia — masa yang belum terjadi.

Banyak referensi tentang Hari Tuhan dalam buku-buku Alkitab Yesaya dan Yoel merujuk pada hukuman yang dicurahkan Allah kepada Israel dan Yehuda kuno. Tetapi ketika membaca nubuat-nubuat ini, dan membandingkannya dengan informasi historis, jelas bahwa nubuat itu bersifat ganda dan hanya terpenuhi sebagian. Ayat-ayat ini terutama melihat ke masa depan ketika Allah akan mencurahkan penghukuman-Nya pada manusia yang tidak bertobat sebelum kedatangan kedua Mesias, Yesus Kristus.

Pada nubuat akhir zaman, Hari Tuhan datang setelah tanda-tanda surgawi (Yoel 2:31), yang datang setelah Masa Kesesakan Besar (Matius 24:29). Nabi Zakharia diilhami untuk menulis: “Lihatlah, hari Tuhan datang, dan jarahanmu akan dibagi di tengah-tengahmu. Karena aku akan mengumpulkan semua bangsa untuk berperang melawan Yerusalem; kota akan diambil, rumah-rumah dirampok, dan para wanita ditiduri. Setengah dari kota akan ditawan, tetapi sisa orang tidak akan disingkirkan dari kota.
“Kemudian Tuhan akan maju dan berperang melawan bangsa-bangsa itu, ketika Dia berperang di hari peperangan. Dan pada hari itu kaki-Nya akan berdiri di Bukit Zaitun, yang menghadap ke Yerusalem di sebelah timur. Dan Bukit Zaitun akan terbelah dua ”(Zakharia 14: 1-4).

Tuhan adalah Tuhan yang penuh cinta dan belas kasihan. Tetapi Dia juga Allah yang adil dan benar yang tidak berkompromi dengan kejahatan. Alih-alih bertobat dan mengakui Pencipta mereka, sebagian besar umat manusia telah mengolok-olok hidung kolektif mereka kepada-Nya dalam kepura-puraan agama dan menderita akibatnya. Tetapi saatnya akan tiba ketika Dia akan campur tangan dengan mengirimkan Yesus Kristus untuk memerintah bangsa-bangsa dan menyelamatkan kita dari diri kita sendiri.

Banyak nubuat Perjanjian Lama dan Baru menggambarkan Hari Tuhan yang akan datang, termasuk dari tujuh sangkakala dalam Wahyu 8-11. Mereka menciptakan gambaran gabungan dari tulah yang mengerikan, perang bencana dan waktu di mana semua bangsa akan disatukan untuk diadili oleh Allah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel