Gambar di Related Post Blogger Tidak Muncul, Begini Cara Mengatasi Gambar Thumbnail di Related Post Yang Tidak Tampil

Cara mengatasi Gambar di Related Post Blogger yang Tidak Muncul

Cara Mengatasi Masalah Gambar Related Post Blog yang Tidak Muncul

(Cara ini khusus untuk yang masih pakai script related post sebelum perubahan tampilan pada blogger)

Gambar adalah salah satu bagian konten yang sangat dibutuhkan oleh blogger dalam membuat konten. Karena gambar dapat membuat menarik konten dan juga sebagai ilustrasi dalam konten yang dibuat. Namun, salah satu kendala yang sering dihadapi oleh blogger adalah gambar tidak muncul di Thumbnail related post. 


Hal ini kemungkinan karena disebabkan oleh karena kita mengedit gambar menggunakan gambar ukuran asli. Selain itu, bisa juga disebabkan karena tema atau template yang digunakan tidak mendukung tampilan baru dari blogger. Tampilan baru blogger diterapkan secara default mulai tanggal 31 Juni 2020. Oleh sebab itu, ada beberapa template yang belum mendukung tampilan baru itu. 


Oleh sebab itu, beberapa cara dibawah ini mungkin bisa diterapkan sebagai solusi untuk mengatasi gambar di related post blog yang tidak muncul 

Cara Menampilkan Gambar Related Post Blog yang Tidak Muncul

BACA PENTINGCara ini khusus untuk yang masih pakai script related post sebelum perubahan tampilan pada blogger. Jadi, Publikasikan dulu artikel lalu edit lagi untuk ganti dengan kode di bawah ini. Karena kamu tidak akan temukan kode di bawah ini, kalau belum publishkasikan. Jadi, buat artikel, publikasikan, edit lagi, lalu ganti dengan kode yang saya jelaskan di bawah ini. Walau ribet, namun, sepanjang script related post yang kalian pake dibuat sebelum perubahan tampilan pada blogger, maka ini satu-satunya cara yang ampuh untuk mengatasi gambar thumbnail tidak muncul di related post.

Cara Ke: 1 untuk Menampilkan Gambar Related Post Blog yang Tidak Muncul

Biasanya thumbnail tidak muncul jika kita mengedit gambar menggunakan gambar ukuran asli maka pada HTML gambar akan muncul kode /d/ ​misalnya pada gambar ini https://1.bp.blogspot.com/-OBNiu7fADFM/XsPHtPorkkI/AAAAA0/RSn0tsb-KJzkeT-IRgv5efBKGAsYHg/d/potong-rambut.jpg. Pada kode img ini akan otomatis tidak tampil pada related post dan widget lain. 

Untuk solusi agar gambar related post blog muncul, ganti nilai "/d/" ​dengan "/s1600/" maka jika diaplikasikan pada contoh gambar diatas menjadi seperti ini
https://1.bp.blogspot.com/-OBNiu7fADFM/XsPHtPorkkI/AAAAA0/RSn0tsb-KJzkeT-IRgv5efBKGAsYHg/s1600/potong-rambut.jpg. (Kalau gambar ada banyak, ganti kode pada gambar pertama saja, karena hanya untuk ditampilkan di related post saja)


Cara Ke-2: untuk Menampilkan Gambar Related Post Blog yang Tidak Muncul

Kalau Belum berhasil, coba cara di bawah ini. Cari Kode ini (atau yang mirip2)  pada gambar: "w320-h273" ganti dengan "s320".
https://1.bp.blogspot.com/-OBNiu7fADFM/XsPHtPorkkI/AAAAA0/RSn0tsb-KJzkeT-IRgv5efBKGAsYHg/w320-h273/potong-rambut.jpgPada kode img ini akan otomatis tidak tampil pada related post dan widget lain. 
Untuk solusi agar gambar related post blog muncul, ganti nilai "/w320-h273/" ​dengan "/s320/" maka jika diaplikasikan pada contoh gambar diatas menjadi seperti ini
https://1.bp.blogspot.com/-OBNiu7fADFM/XsPHtPorkkI/AAAAA0/RSn0tsb-KJzkeT-IRgv5efBKGAsYHg/s320/potong-rambut.jpg. (Kalau gambar ada banyak, ganti kode pada gambar pertama saja, karena hanya untuk ditampilkan di related post saja)


Cara Ke-3:  untuk Menampilkan Gambar Related Post Blog yang Tidak Muncul

Kalau cara pertama dan kedua itu tidak berhasil, coba cara terakhir ini. Kembali ke Tampilan lama blogger. Lalu cari dan Edit postingan blog yang gambar related post tidak muncul. Upload ulang gambarnya. Kalau  gambarnya banyak, Upload ulang gambar yang pertama saja. Itu hanya untuk muncul di thumbnailnya. Kalau semua diupload ulang, ribet jadinya.  

Langkah-langkah Ganti Kode gambar Gambar Related Post Blog yang Tidak Muncul

Cari dan Edit postingan blog yang gambar related post tidak muncul. Editnya lewat HTML (bukan Compose). Cari kode gambar yang misalnya seperti ini: "https://1.bp.blogspot.com/-OBNiu7fADFM/XsPHtPorkkI/AAAAA0/RSn0tsb-KJzkeT-IRgv5efBKGAsYHg/w320-h273/potong-rambut.jpg. Lalu ganti kodenya seperti yang dijelaskan di atas.  (Kalau gambar ada banyak, ganti kode pada gambar pertama saja, karena hanya untuk ditampilkan di related post saja.)


Catatan: Cara  mengatasi Gambar di Related Post Blogger yang Tidak Muncul ini tidak sempurna, namun di beberapa template dapat bekerja dengan baik. Semoga bermanfaat.

3 Belum ada Komentar untuk "Gambar di Related Post Blogger Tidak Muncul, Begini Cara Mengatasi Gambar Thumbnail di Related Post Yang Tidak Tampil"

Terima kasih telah berkunjung
Berkomentarlah dengan sopan, singkat, padat dan jelas. Pastikan komentar anda berupa pertanyaan, saran, koreksi, atau hal serupa yang bermanfaat bagi anda dan bagi pembaca lainnya. Salam Jabat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel