Air Terjun PahKoto di Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten TTU, NTT

Air Terjun Pahkoto  Di Kefa, TTU

Pegiatliterasi.com - Satu lagi, wisata tersembunyi ditemukan di wilayah Desa Tasinifu, Timor Tengah Utara. Ini adalah wisata alam air terjun yang belum banyak orang tahu dan kujungi. Nama "Pahkoto" berasal dari dua kata yakni "Pah" artinya "Wilayah" dan "Koto" artinya "Kacang". Jadi, Pahkoto artinya daerah atau wilayah yang ditumbuhi oleh berbagai jenis kacang. Entah kacang yang ditanam untuk dikonsumsi atau kacang yang tumbuh liar. 
wisata air terjun di kefa
Foto: Arianto's NTT
wisata air terjun di kefa
Foto: Arianto's NTT

Sumber air terjun Pahkoto berasal dari Gunung Babnain dan Bikekneno. Air terjun ini memiliki ketinggian balasan meter yang mengalir melewati dinding bebatuan keras berwarna hitam.

jalan menuju air terjun di kefa TTU
Foto: Arianto's NTT

Air terjun Pahkoto terletak di dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur. Menggunakan kendaraan menuju arah Eban dengan akses jalan yang cukup baik. Dilanjutkan dengan melewati jalan yang berlubang dan tidak begitu baik. Perjalanan memakan waktu sekitar 60-90 menit dari Kota Kefamenanu. Karena tidak ada petunjuk, sebaiknya jangan sungkan untuk bertanya bila beremu orang di jalan. 
Tiba di sana, kendaraan harus diparkir di pinggir jalan. Kemudian berjalan kaki melewati SD Kecil Oelmuke menuju air terjun sekitar 60-70 menit berjalan kaki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel