Wabah Covid 19 dan "Strategi" Herd Immunity: Apa Itu Herd Immunity, Manusia Akan Mengalami Seleksi Alam

Apa Itu Herd Immunity

Ini hanya sebagai bahan Refleksi sekaligus informasi bagi kita. Masyarakat seperti tidak peduli dengan anjuran dan larangan dari pemerintah soal PSBB. Pemerintah pun seperi kewalahan untuk mengatur kelakuan masyarakat yang keras kepala dalam mengurangi wabah covid 19. Sebab itu, beberapa hari ini menguat isu tentang adanya strategi, "Herd Immunity" dalam penanganan wabah virus corona. Kabarnya, setelah Idul Fitri, Pemerintah tidak akan update lagi jumlah yang positif Covid 19. sebab itu, Kemungkinan dalam waktu dekat akan diberlakukan strategi Herd Immunity. 

Apa Itu Herd Immunity

Apa Itu Herd Imunity? Dilansir dari aljazeera (20/3/2020), Herd Imunity / HI, secara sederhana mengacu pada situasi dimana cukup banyak orang dalam sekelompok populasi yang memiliki kekebalan terhadap penularan dan infeksi suatu penyakit, sehingga dapat secara efektif menghentikan penyebaran penyakit yang bersangkutan. 
Dalam kasus Covid-19 ini, artinya pemerintah menyerahkan rakyat pada seleksi alam. Artinya,  T E R S E R A H pada mu!!! Jadi, yang kuat bertahan dari serangan covid 19 akan menjadi immun atau kebal. Sementara yang lemah, akan meninggal dengan sendirinya.  

2 Cara Herd Immunity:

Pertama: Dengan vaksin. Namun sayangnya, belum ada vaksin untuk covid 19 ini. Kedua: Dengan membiarkan 70% populasi terinfeksi virus, sehingga akan mendapatkan kekebalan antibodi secara alami.
Namun, mengingat belum ada vaksin untuk Covid 19, dan banyak masyarakat yang ngeyel tidak ikut anjuran pemerintah, maka pilihan Herd Immunity/HI ini adalah dengan cara membiarkan masyarakat pada seleksi alam. Jadi Virus Corona akan menginfeksi penduduk secara langsung, yang kuat ya bertahan. yang tidak, mati. Dalam bahasa, urip karepmu, mati karepmu.
Dari kemungkinan infeksi ini hanya 2 kemungkinan yang akan terjadi, Bertahan hidup (kebal terhadap penyakit), atau Meninggal bagi yang tidak kuat. Mereka yang kuat, dengan gaya hidup yang sehat, daya tahan tubuh yang baik, Maka akan kebal terhadap penyakit covid 19. Sebaliknya mereka yang tidak punya sistem kekebalan tubuh yang baik dengan faktor resiko penyakit penyerta, maka akan meninggal.

BACA JUGA: 27 Titik Pijat Refleksi Kaki Yang Dapat Kamu Lakukan di Rumah Bersama Pasangan


Dampak Herd Immunity

Dampak negatif Herd Immunity

  1. Akan kehilangan penduduk (populasi) dalam jumlah yang besar. Karena mereka yang tidak kuat bertahan akan mati.
  2. Kematian secara besar-besaran. 
  3. Rumah sakit akan kewalahan dan bahkan kekurangan tempat pengobatan.

Dampak  positif dari Herd Immunity

  1. Wabah cepat berakhir karena masyarakat yang kuat sudah imun atau kebal.
  2. Akan terbentuk imun yang lebih kuat dalam tubuh kita, bahkan terhadapa wabah penyakit yang baru.
  3. Roda perekonomian dan pelayanan publik tetap berjalan dan tidak terganggu 

Cara bertahan hidup dalam Strategi Herd Immunity

Bagaimana caranya agar bisa tetap bertahan hidup? Agar bisa bertahan menjadi salah satu strategi  Herd Immunity :
  1. Ubah gaya hidup. Mulai peduli dengan kebersihan diri dan lingkungan. Rajin berolahraga, makan yang sehat dan bergizi, minum vitamin bila perlu.
  2. Ubah lingkungan menjadi hidup sehat. Pakai masker kalau keluar rumah. Sedapat mungkin hindari kerumunan, sering cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer.
Dengan demikian, kita akan paham bahwa umat manusia akan berevolusi melalui seleksi alam. sekalipun harus ada yang dikorbankan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel