Alasan Pentingnya Pancasila Sebagai Dasar Nilai Dalam Perkembangan IPTEK

Pancasila Sebagai Dasar Nilai Dalam Perkembangan IPTEK
Pengantar
Ilmu Pengetahuan mempunyai posisi dan peran penting dalam setiap aktivitas berpikir manusia. Ilmu Pengetahuan berasal dari dua kata, yaitu ilmu dan pengetahuan, kedua kata tersebut mempunyai dua makna berbeda. Ilmu merupakan pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode tertentu, sedangkan Pengetahuan adalah sesuatu yang kita ketahui. Pada awalnya, ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia relatif masih sederhana dan belum berkembang. Tetapi seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan mengalami perkembangan yang pesat. Dengan ditemukannya banyak teori-teori, teknologi, dan hal-hal lainnya. Perkembangan pesat ilmu pengetahuan pada masa sekarang berbanding lurus dengan sikap kritis dan cerdas manusia dalam menanggapi berbagai peristiwa di sekitarnya. Namun dalam perkembangannya, timbul gejala penurunan derajat manusia. Hal ini dikarenakan produk yang dihasilkan oleh manusia, baik itu suatu teori mau pun materi menjadi lebih bernilai ketimbang penggagasnya. Oleh karena itu, Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia harus diperkuat, agar bangsa Indonesia tidak terjerumus pada pengembangan ilmu pengetahuan yang saat ini semakin jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. 

Baca Juga:

A. Konsep dan urgensi pancasila dalam perkembangan IPTEK 


Adanya perkembangan IPTEK seperti memiliki dua sisi yang berbeda, disisi yang pertama IPTEK seakan membawa kepada kita kedunia yang serba bisa, dengan akses yang mudah dan kecanggihan yang tak perlu diragukan lagi. Namum, disisi lainnya kecanggihan dan segala yang mengagumkan dari IPTEK tersebut mampu menghardik kita seakan menjadi manusia yang mampu di perbudak oleh apa yang diciptaknnya sendiri, disinilah kita akan mengetahui mengapa begitu pentingnya sosok pancasila yang akan menjadi dasar, diibaratkan bangunan, pancasila adalah pondasinya, Ilmu pengetahuan dan segala isinya adalah kemegahan dari bangunan tersebut, jika pondasi nya saja tidak kuat maka apalah arti kemegahan suatu bangunan. 




Konsep Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan IPTEK 


Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu dapat mengacu pada beberapa jenis pemahaman, yaitu: 

  • Setiap ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Yang berasumsi bahwa iptek itu sendiri berkembang secara otonom, kemudian dalam perjalanannya dilakukan adaptasi dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Setiap IPTEK yang dikembangkan di Indonesia harus menyertakan nilai-nilai pancasila sebagai faktor internal pengembangan IPTEK itu sendiri. Yang mengandaikan bahwa sejak awal pengembangan IPTEK sudah harus melibatkan nilai-nilai pancasila. Namun, keterlibatan nilai-nilai Pancasila ada dalam posisi tarik ulur, artinya ilmuwan dapat mempertimbangkan sebatas yang mereka anggap layak untuk dilibatkan. 
  • Nilai-nilai Pancasila berperan sebagai rambu normatif bagi pengembangan IPTEK di Indonesia, artinya mampu mengendalikan iptek agar tidak keluar dari cara berpikir dan cara bertindak bangsa Indonesia.
  • Setiap pengembangan IPTEK harus berakar dari budaya dan ideologi bangsa Indonesia sendiri atau yang lebih dikenal dengan istilah indegenisasi ilmu (mempribumian ilmu). Yang mengandaikan bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, tetapi sudah menjadi paradigm ilmu yang berkembang di Indonesia. Untuk itu, diperlukan penjabaran yang lebih rinci dan pembicaraan di kalangan intelektual Indonesia, sejauh mana nilai-nilai pancasila selalu menjadi bahan pertimbangan bagi keputusan keputusan ilmiah yang diambil. 


B. Urgensi Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan IPTEK 


Pentingnya Pancasila sebagai dasar pengembangan ilmu dapat ditelusuri ke dalam hal-hal sebagai berikut. 

  1. Pluralitas nilai yang berkembang dalam kehidupan bangsa Indonesia dewasa ini seiring dengan kemajuan IPTEK menimbulkan perubahan dalam cara pandang manusia tentang kehidupan. Hal ini membutuhkan renungan dan refleksi yang mendalam agar bangsa Indonesia tidak terjerumus ke dalam penentuan keputusan nilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. 
  2. Dampak negative yang ditimbulkan kemajuan IPTEK terhadap lingkungan hidup berada dalam titik nadir yang membahayakan eksistensi hidup manusia di masa yang akan datang. Oleh karena itu, diperlukan tuntunan moral bagi para ilmuwan dalam pengembangan iptek di Indonesia. 
  3. Perkembangan IPTEK yang didominasi negara-negara Barat dengan politik global ikut mengancam nilai-nilai khas dalam kehidupan bangsa Indonesia, seperti spiritualitas, gotong royong, solidaritas, musyawarah, dan cita rasa keadilan. Oleh karena itu, diperlukan orientasi yang jelas untuk menyaring dan menangkal pengaruh nilai-nilai global yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kepribadian bangsa Indonesia. 

C. Alasan diperlukannya Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK 


Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah tersebar di seluruh dunia, tak terkecuali juga Indonesia. Meskipun ada beberapa Negara di pelosok sana yang masih mempertahankan dan mengehalangi diri mereka dari pengembangan yang ada, cepat atau lambat perubahan juga akan terjadi kepada mereka yang belum bisa pula ditentukan waktunya. Hal ini dapat diartikan sangat rawannya Indonesia akan pengaruh pengaruha global yang akan terus berkembang. Ini pula yang menjadikan beberapa alasan mengapa pentingnya pancasila dijadikan dasar sebagai pengembangan ilmu :

  1. Kerusakan lingkungan Kerusakan yang di timbulkan oleh IPTEK, dengan alasan sebagai upaya pembanguan, dan juga pengembangan. Penggalian tambang yang makin diperluas, perusakan hutan yang akan di teruskan sebagai penanaman modal asing. Jika ini di biarkan terus, ini akan berimbas pada generasi genatasi selanjutnya, mereka akan tinggal di daerah yang rawan akan bahaya, sebagai akibat dari perusakan lingkungan yang dilakukan sebelum – sebelumnya. 
  2. Pancasila dijadikan sebagai pengontrol cara piker masyarakat yang mulai berubah menjadi pragmatis akibat yang di timbulkan oleh kecanggihan teknologi yang tersedia. 
  3. Nilai – nilai kearifan local yang mulai tergantikan oleh budaya global. Seperti musyawarah yang digantikan menjadi voting, sosialisme yang digantikan menjadi individualism, dll. 

D. Dinamika pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK 


Pancasila sebagai pengembangan ilmu belum dibicarakan secara eksplisitoleh para penyelenggara negara sejak Orde Lama sampai era Reformasi. Para penyelenggara negara pada umumnya hanya menyinggung masalah pentingnya keterkaitan antara pengembangan ilmu dan dimensi kemanusiaan (humanism). Kajian tentang pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu baru mendapat perhatian yang lebih khusus dan eksplisit oleh kaum intelektual di beberapaperguruan tinggi masih sangat minim adanya dan pada kurun waktu akhir-akhir ini, belum ada lagi suatu upaya untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kaitan dengan pengembangan ilmu dan iptek di Indonesia. 




KESIMPULAN 


Ilmu Pengetahuan mempunyai posisi dan peran penting dalam setiap aktivitas berpikir manusia.perkembangan yang pesat, Dengan ditemukannya banyak teori-teori, teknologi, dan hal-hal lainnya. Perkembangan pesat ilmu pengetahuan pada masa sekarang berbanding lurus dengan sikap kritis dan cerdas manusia dalam menanggapi berbagai peristiwa di sekitarnya.Nilai-nilai Pancasila dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia harus diperkuat, agar bangsa Indonesia tidak terjerumus pada pengembangan ilmu pengetahuan yang saat ini semakin jauh dari nilai-nilai kemanusiaan.adanya Kosep pancasila dan urgensi pancasila sebagai dasar nilai pengembangan IPTEK, membuat perkembagan IPTEK selalu berjalan dengan baik tanpa adanya hal hal yang merusak aktivitas berpikir manusia. Adapun alasan diperlukannya Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan IPTEK salah satunya yakni Pancasila dijadikan sebagai pengontrol cara piker masyarakat yang mulai berubah menjadi pragmatis akibat yang di timbulkan oleh kecanggihan teknologi yang tersedia. 

Sumber: Buku Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel