Ngeband sejak Kelas 2 SMA: Ini Perjalanan Karier Glenn Fredly di Musik Tanah Air

glenn fredly meninggal dunia


Glenn Fredly Meninggal Dunia


Pegiat Literasi.com - Lagi-lagi Duka mendalam datang dari musik tanah air. Artis kenamaan sekaligus penyanyi bertalenta, Glenn Fredly dikabarkan telah wafat pada pada Rabu (8/4/2020). Kabarnya, almarhum sempat dirawat di RS Setia Mitra. dan hembuskan napas terakhirnya pada pukul 17.00 WIB. Begitu disampaikan Salah satu sahabat Glenn Fredly, yakni Tompi yang memberi berita ini melalui pesan WhatsApp kepada Liputan6.com. "Telah berpulang saudara kami, Glenn Fredly, malam ini. Mohon dimaafkan semua salahnya. Dia yg selalu hadir menggerakkan kita semua," tulis Tompi. 


Penyanyi dengan nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini lahir pada tanggal 30 September 1975, di Jakarta sempat menikah dengan Dewi Sandra tahun 2006, cerai pada tahun 2009. Pada tahun 2019, menikah lagi dengan Mutia Ayu. 


Glenn Fredly Sakit Meningitis

Diktuip dari Kumparan.com, Glenn Fredly meninggal karena Sakit Meningitis yang dideritanya sejak lama.

Meningitis merupakan infeksi yang mendera meninges atau selaput pelindung yang membungkus otak serta saraf tulang belakang, biasanya disebabkan oleh infeksi.

Perjalanan Karier Glenn Fredly


Sebagaimana dikutip dari wikipedia, Glenn Fredly awali karier selepas lulus SMA pada tahun 1994. Pada saat itu di menjadi vokalis salah satu grup band beranam “Funk Section”.  Band itu ia dan teman-temannya rintis ketika ia masih kelas 2 atau 3 SMA.

Album PERTAMA Glenn Fredly bersama Funk Section


Pada tahun 1995, Funk Section meluncurkan sebuah album eksklusif. Tiga tahun kemudian, Glenn bernyanyi solo dan meluncurkan sebuah album yang bertajuk GLENN dengan bermodalkan 8 buah lagu. Dalam album ini terdapat 3 buah lagu yang sering dinyanyikan Glenn yaitu “Kau” dan “Cukup Sudah” serta “Mobil Mama” yang menjadi hits di Malaysia.

Album KEDUA Glenn Fredly 

Album kedua diluncurkan pada tahun 2000 dengan judul KEMBALI. Dalam album ini terdapat beberapa hits seperti “Salam Bagi Sahabat” dan “Kasih Putih”. Seperti album perdananya, album ini masih bernaung di bawah Sony Music Indonesia dengan produser Aminoto Kosin. Album ini pun bernasib sama seperti album sebelumnya, meskipun cukup dikenal, namun kedua album Glenn ini belum memenuhi keinginan major label baik itu dari segi popularitas maupun penjualan.

Album KETIGA Glenn Fredly 

Pada Tahun 2003, Glenn mengeluarkan Album ketiganya bertajuk “Selamat Pagi, Dunia!”. Banyak hits yang muncul dari album ini. Yang Paling ppuler adalah “Januari”. Karena Hitsnya, pada tahun 2004 Sony Music Indonesia membuat album repackage dari “Selamat Pagi, Dunia!”. Kemudian, dikemas dalam bonus VCD karaoke dan Unplugged Live Performance.

Glenn Fredly ditawari untuk membuat  album sebagai soundtrack film


Nama Glenn mulai besar di musik tanah air, karena itu, pada tahun 2005 ia ditawari untuk menciptakan album untuk dijadikan soundtrack film berjudul "CINTA SILVER". Setahun kemudian,Glenn Fredly mengeluarkan album bertajuk AKU & WANITA. Album ini dia cipatakan sebagai penghargaan dan rasa hormatnya kepada musisi tanah air, baik yang sudah wafat maupun yang masih berkarya. Dua Tahun kemudian, yaitu pada 2007, Glenn kembali mengeluarkan album barunya yang rertajuk "HAPPY SUNDAY", album ini diklaim sebagai wahana dalam memancarkan spirit baru memandang kehidupan secara global melalui media musik. 




Film dan Album Terkenal Glenn Fredly:

Album terkenal glenn fredly

10 Album utama Glenn Fredly


  1. Glenn (1998)
  2. Kembali (2000)
  3. Selamat Pagi, Dunia! (2002)
  4. Ost. Cinta Silver (2005)
  5. Aku & Wanita (2006)
  6. Happy Sunday (2007)
  7. Private Collection (2008)
  8. Lovevolution (2010)
  9. Luka, Cinta, dan Merdeka (2012)
  10. Romansa Ke Masa Depan (2019)

Album Lainnya Karya Glenn Fredly:

  1. Album rohani Glenn Fredly: Terang (2006)
  2. Album kompilasi Glenn Fredly: Terbaik Bersama (2005)
  3. Single Glenn Fredly: Perempuanku (2015), "Tanda Mata" (2016)
  4. Sebagai produser album:  "PASTO" (2005), "YURA" (2014), Hidayah (2016)
  5. Film Glenn FredlyTanda Tanya (2011) sebagai Aktor, Cahaya dari Timur (2014) sebagai Produser, Filosofi Kopi (2015) sebagai Produser, Surat dari Praha (2016) sebagai Produser.






Selamat Jalan Glenn Fredly, Terima kasih atas dedikasi dan karya mu di dunia musik tanah air!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel