Pray at home: Belajar dari wabah 10 Tulah di zaman musa


10 tulah bangsa Israel

Tulisan bagus dari seorang teman soal himbauan pemimpin agama: "ibadah di rumah saja"

BERIMAN DAN BERHIKMAT.

Bukan pemimpin gereja tak punya iman atau sudah menyesatkan jemaatnya lalu menutup tempat ibadah dan menyuruh kita berdoa dan berjaga-jaga di rumah masing-masing.. 

Gereja hanyalah tempat kita berkumpul dan bersekutu sesama orang percaya namun Tuhan hanya akan datang kepada kita secara personal bukan secara umum..

BACA JUGA: PANCA PELAYANAN GEREJA

Mungkin kita tak sering membaca alkitab tapi kita tentu masih ingat apa yang di katakan Yesus bagaimana harusnya berdoa.
Bukankah lebih baik di dalam rumah lalu menutup kamar dan berdoa bukan seperti orang munafik yang suka mengucapkan doa dan berdiri di tempat2 ibadah supaya di lihat orang.

Mari berkaca waktu kejadian 10 Tulah Allah di zaman musa pada saat wabah menyerang mesir, bangsa israel di suruh diam di dalam rumah dan tak boleh keluar sampai wabah berakhir.. 

Sedikit catatan yang saya kutip di injil lukas tentang kisah Yesus di cobai iblis..
Yesus pernah memberikan pernyataan keras kepada iblis “Jangan mencobai Tuhan, Allahmu.! Lukas 4:12 
Latar belakang ayat ini adalah Iblis mencobai Yesus dengan memintanya untuk menjatuhkan diri dari puncak bait suci. 

Iblis bahkan terus mengutip ayat2 dalam alkitab seperti Mazmur 91 tentang perlindungan Tuhan. Yesus pun menjawabnya "jangan mencobai Tuhan, Allahmu.! 

Nahh pada saat ini Banyak orang Kristen menuduh para pemimpin Kristen tidak memiliki iman karena mereka memutuskan untuk menghentikan layanan Gereja selama COVID-19 pecah.

Mari Belajar dari Yesus..
Kita diingatkan untuk tidak menempatkan diri kita dalam bahaya dan mengutip Alkitab dengan sembrono seperti Iblis. 

Maka sekali lagi mohon Jangan mencobai Tuhan dengan sengaja dan membahayakan diri sendiri. Mari ikuti arahan pemimpin kita karena mereka tak mau satu di antara kita terjatuh dalam bahaya.. 

Mari minta dalam doa supaya akal, pengertian dan hikmat bisa kita peroleh dari Dia untuk supaya kita tetap bijakasana dalam segala situasi sambil terus berjaga-jaga.. 

Pemimpin Gereja memiliki tanggung jawab untuk menjaga anggota jemaatnya agar aman dari bahaya dan jelas virus ini tidak membuat perbedaan antara orang Kristen dan orang lain di seluruh dunia. Bahkan wabah sampar seperti ini pernah membunuh 70 ribu orang Israel di zaman dulu.. 

Ingat, peristiwa kemarin di Malaysia.
Malaysia mencatat kematian akibat pandemi ini dan yang pertama adalah Pendeta David. Apakah ini masih masalah iman? 

Hormati para pemimpin Anda yang telah mengabdikan hidup mereka untuk memimpin umat Allah dan jangan menghina iman mereka hanya karena kamu berpikir terlampau pintar.. 

Andai Daud masih hidup pasti beliau akan bersaksi bahwa Goliat pernah mengajak dia duel dengan pedang namun daud menolak tantangan itu tapi daud terus berdoa hingga akhirnya sebuah batu bisa menjadi senjata mematikan dan menghentikan serangan goliat di saat itu.. 

Ekspektasi iman itu penting tapi jangan bodoh karena hanya orang bodoh yg bisanya menghina didikan dan teguran dan mengabaikan pengertian yang di berikan.. 

Tetaplah di rumah dan berdoa serta berjaga2..
Tak usah pilih jalan instan karena Yesus pun tau apa yang kita perlukan di saat ini.. 

*#stayhomeAndPray*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel