PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI

Ideologi pancasila tidak boleh diganti

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA DAN TERTUTUP

Pancasila sebagai ideologi negara adalah nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sebagai norma norma didalam peneyelengaraan negara.dan lebih luasnya lagi pancasila sebagai ideologi negara adalah visi atau arah dari kehidupan berbangsa dan bernegara diindonesia terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan,nilai kemanusiaan,persatuan,kerakyatan,serta nilai keadilan.
Ideologi berasal dari bahasa yunani yaitu ideas dan logos kata ini memiliki arti pemikiran,ilmu,cara pandang,dan cita cita.bisa disimpulkan bahwa ideologi adalah sebuah cara pandang yang mebentuk kerangka berpikir kita dalam mewujudkan cita cita.

Baca Juga:
  1. ALASAN DIPERLUKAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI
  2. ARTIKEL ISU KRISIS NASIONALISME DAN PLURALISME AGAMA
  3. ASAL-USUL NEGARA NATURALIS : NATURAL ATAU KONVENSIONAL
Fungsi pancasila adalah pancasila berperan sebagai sarana pemersatu masyarakat dan juga bertindak sebagai pemelihara persatuan dan kesatuan bangsa.pancasila juga berfungsi untuk mengarahkan dan memotifasi bangsa dan untuk mencapai cita citanya karena pancasila merupakan identitas bangsa,ia juga berperan untuk memelihara dan menggembangkan identitas tersebut.pancasila sebagai ideologi negara juga berfungsi sebagai kontrol sosial.maksudnya adalah pancasila sebagai tolak ukur sejauh mana negara kita telah mencapai cita citanya .
 Pengertian ideologi secara umum dapat dikatakan sebagai kumpulan gagasan ide,keyakinan,kepercayaan yang menyeluruh dari sistematis yang menyangkut.bidang politik bidang sosial bidang kebudayaan bidang keagamaan ideologi negara yang merupakan sistem kenegaraan untuk rakyat dan bangsa pada hakikatnya merupakan asas kerohanian yang memiliki ciri khas diantaranya mempunyai derajat tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan.
Ideologi terbuka adalah suatu sistem pemikiran terbuka yang tidak hanya dibenarkan dibutuhkan karena bukan merupakan paksaan pihak luar melainkan digali dan diambil dari harta kekayaan rohani,moral,budaya masyarakat itu sendiri.ideologi partikular dan ideologi komprehensif.ideologi partikulan adalah suatu keyakinan yang tersusun secara sistemmatis dan terkait erat dengan suatu kelas sosial tertentu dalam masyarakat,ideologi komprehensif adalah suatu sistem pemikiran menyeluruh mengenai semua aspek kehidupan sosial yang memiliki cita cita melakukan transformasi sosial besar besaran menuju bentuk tertentu di perjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban. Ideologi terbuka dan ideologi tertutup Ideoogi tertutup adalah suatu sistem pemikiran tertutup yang membenarkan pengorbanan masyarakat, bukan hanya berupa nilai dan cita-cita tertentu melainkan sebuah tuntutan bagi rakyatnya. 
Ideologi terbuka adalah suatu sistem pemikiran terbuka yang tidak hanya dibenarkan dibutuhkan karena bukan merupakan paksaan dari pihak luar melainkan digali dan diambil dari harta kekayaan rohani, moral, dan budaya masyarakat itu sendiri. Ideologi partikular dan ideologi komprehensif Ideologi partikular adalah suatu keyakinan yang tersusun secara sistematis dan terkait erat dengan kepentingan suatu kelas sosial tertentu dalam masyarakat. Idelogi koomprehensif adalah suatu sistem pemikiran menyeluruh mengenai semua aspek kehidupan sosial yang memiliki cita-cita melakukan transformasi sosial besar-besaran menuju bentuk tertentu
Ideologi pancasila ditetapkan sebagai dasar negara juga sekaligus ideologi nasional. Makna pancasila sebagai ideologi nasional bangsa indonesia adalah bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi pancasila itu menjadi cita cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara. Dengan kata lain, visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara indonesia adalah terwujudnya kehidupan yang berketuhanan, yang berkemanusiaan, yang bersatu, yang berkrakyatan, dan yang keadilan.

Baca Juga:
  1. PERUBAHAN KEEMPAT UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 1945
  2. Tujuan Deklarasi juanda 13 Desember 1957
  3. Tujuan dan dasar Hukum Pendidikan Kewarganegaraan
 Dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur dan cita-cita bangsa indonesia. pancasila diangkat dari nilai-nilai, adat istiadat, kebudayaan, nilai-nilai moralitas yang terdapat dalam pandangan hidup bangsa indonesia. dengan demikian, pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara indonesia berakar dari pandangan hidup dan budaya bangsa. 
Pancasila tidak mengadopsi dari ideologi yang berasal dari luar. Justru nilai-nilai pancasila lebih ungul dibandingkan dengan nilai-nilai ideologi dari luar. Alasan pancasila tetap dibutuhkan Secara kodrati, bangsa indonesia memiliki tingkat pluralitas yang sangat tinggi. Indonesia terdiri dari macam-macam suku, budaya, agama, serta secara demografis kondisi wilayah indonesia sangat luas dengan ribuan pulau dari sabang sampai merauke. Kondisi ini dapat memberikan implikasi positif bagi tumbuh dan berkembangnya negara dan bangsa. Akan tetapi, keadaan ini akan juga berdampak negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa. 
Era modern ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tenologi, telah menimbulkan beberapa perubahan yang ada didalam masyarakat. Salah satu dampak perubahan tersebut adalah gaya hidup di masyarakat, dan transformasi budaya secara berangsur-angsur. Dalam kondisi ini sering kali masyarakat sudah tidak memedulikan nilai-nilai yang ada di masyarakat dan yang ada selama ini dipegangnya. Sehubungan dengan hal ini, pancasila sebagai ideologi harus mampu menjadi pedoman hidup bagi rakyat indonesia dalam mengarungi semua perkembangan yang terjadi. Dengan masih dipegangnya nilai-nilai pancasila, bangsa indonesia tidak terombang-ambing tanpa arah dan tujuan. 
Pancasila sebagai ideologi nasional selain berfungsi sebagai cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama, karena itu juga berfungsi sebagai sarana pemersatu masyarakat yang dapat mempersatukan berbagai golongan masyarakat di indonesiau, penguatanideologi pancasila menjadi sangat penting untuk terus digaungkan agar karakter ke-indonesiaan tidak hilang karena terjangan infiltrasi ideologi tersebut.
Padahal, rajutan pemikiran pendiri bangsa ini merupakan konten intelektual dari ideologi negara. Tantangan lainya adalah perubahan dunia yang sangat cepat, terutama perubahan yang berkaitan dengan teknologi, dimana transisi atas perubahan tersebut juga harus diantisipasi. Perubahan tersebut harus disikapi bersama. Untuk itu, harus diperkuat nilai karakter bangsa indonesia

Sumber: Dikutip dari Kompasiana.com dan Disunting Seperlunya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel