Ini 9 Makanan Yang Harus Disiapkan Dirumah, Sebelum PSBB

bekal di saat lockdown

Bahan Makanan Yang wajib Disiapkan Sebelum Masa “LockDown”

Tips dalam menghadapi lockdown karena Covid 19

 Pemerintah Indonesia berencana akan mengeluarkan kebijakan untuk pembatasan wilayah secara luas di seluruh provinsi di Indonesia, terutama wilayah-wilayah yang masuk dalam zona merah virus corona atau covid-19. Pembatasan akses ini, pasti membuat semua aktivitas dan kegiatan macet total. Toko-toko tradisional dan modern bakal ditutup. Mama-mama tidak bisa lagi jualan sayur di pasar. Semua akses di-Lock. Pasti TNI Polri akan berjaga-jaga di semua pintu masuk. Jadi, tidak ada orang yang bisa melawan atau memaksa.

Oleh sebab itu, mari siap-siap diri untuk menghadapi kondisi ini. Hal Yang paling utama dikhawatirkan adalah, soal bekal selama masa “lockdown”, muncul pertanyaan, “kita makan apa nanti”. Dalam kondisi seperti ini, percuma banyak duit, tetapi tidak ada barang untuk dibeli.  Karena itu, ada beberapa tips agar kita tidak kelaparan di masa pembatasan wilayah ini, terutama soal bekal. Siapkan jenis-jenis makanan berikut sebagai bekal ketika lockdown agar kita tidak “shut down”.

1. Beras

bekal di waktu lockdown

Siapkan beras yang cukup untuk beberapa bulan ke depan. Tinggal dihitung saja, dalam sehari keluarga anda makan berapa kilo gram beras. dan tidak ada salahnya belinya jangan pas-pasan, sebab kalau hanya di rumah saja, nanti ingin makan terus. Akhirnya kekurangn beras.

2. Telur dan Telur Asin

telur asin cocok untuk bekal dalam keadaan sulit

Untuk persediaan telur yang bertahan lebih lama,  direkomendasikan untuk beli telur asin atau telur ayam kampung dan telur bebek dari pada telur ayam ras. Kalau untuk satu bulan mungkin telur ayam ras tidak bisa bertahan. Karena itu, bisa jadi solusi untuk membeli telur ayam kampung atau telur bebek .

3. Bawang, Minyak Goreng, Minyak tanah, kayu bakar dan garam

makan di waktu bencana alam

Minyak goreng dan garam sangat penting. Karena percuma ada ayam, telur, ikan dan sayur, kalau tidak ada minyak goreng dan garam dan minyak tanah. Namun minyak tanah mungkin bisa diakali dengan kayu bakar.

4. Labu kuning dan labu siam

labu adalah makanan yang harus disiapkan ketika masa lockdown

Buah Labu kuning dan labu siam, adalah sayuran yang bisa bertahan berbulan-bulan dalam keadaan krisis. Meskipun begitu, harus cermat juga dalam membeli, carilah labu yang benar-benar sudah tua. Bisa dicek dengan cara mengangkat labunya. Kalau berat, itu pasti bagus.

5. Terong dan Buah Pepaya Mentah

terong dan pepaya adalah makanan yang harus disiapkan di masa krisis lock down

Selain labu, buah Pepaya mentah dan terong adalah sayuran yang bisa bertahan lama dalam keadaan genting. Usahakan beli pepaya yang benar-benar masih muda. Karena kalau yang setengah masak, kalau disimpan lama, jadi masak, dan itu tidak bisa dijadikan sayur.


6. Ayam Hidup  dan daging (pentolan) bakso
ayam dan daging bakso untuk bekal di masa krisis


Tidak ada salahnya untuk beli ayam potong yang masih hidup untuk persediaan. Jangan lupa juga beli jagung untuk makanan ayam, yang cukup untuk beberapa hari sebelum disembelih. Selain itu, akan lebih baik juga kalau bisa beli daging bakso atau pentolan bakso yang dijual di toko daging agar menu tidak membosankan selama masa lockdown.

7. Ikan Asin / ikan sarden

ikan kering untuk makanan waktu krisis

Kalau sudah ada pepaya sebagai sayur, kurang lengkap kalau tidak ada lauknya. Untuk itu, ikan asin atau ikan Sarden (kecil) bisa jadi pilihan. Agar lebih hemat biaya, bisa beli ikan segar di pasar, kemudian dibelah, digarami, lalu dikeringkan.

8. Mie Instan

mie instan untuk makanan saat krisis

Mie instan memang jadi andalan di masa-masa sulit. Karena itu, bisa jadi pilihan untuk disiapkan sejak awal sebelum masa lockdown di mulai. Kalau anggota keluarga banyak, tidak ada salahnya untuk beli 1 karton atau lebih agar persediaan tidak kurang.

9. Gula, teh dan Kopi

makanan di masa lockdown virus corona

Terkhir, agar pagi hari tidak terasa hambar selama lockdown, jangan lupa hal penting ini. Bagi keluarga yang suka ngopi atau ngeteh di sore dan pagi hari, jangan lewatkan kedua makanan ini, karena pada saat lockdown tidak akanada lagi kios atau toko yang buka. Siapkan sejak sekarang, kalau tidak, pagi dan sore hari anda akan terasa hambar tanpa ngopi dan teh.
Sekian saja tentang makanan yang harus disiapkan pada masa pembatasan wilayah atau locokdown. Ini merupakan tips dalam menghadapi lockdown karena virus corona.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel