CONTOH LAPORAN KKN: Laporan Kuliah Kerja Nyata Di Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang (BAB 3)

contoh laporan kkn fisip undana 2011
BAB 3
KESIMPULAN DAN SARAN

BAB II: Baca Disini
BAB I : Baca Disini
Baca Juga Peta Desa Tuapukan Disini

3.1       Kesimpulan
Dari hasil laporan kegiatan di atas dapat disimpulkan :
  1. Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat ( KKN–PPM ) yang berlokasi di desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, telah di laksanakan ± 2 (dua) bulan terhitung sejak tanggal 19 Oktober s/d 19 Desember 2011.
  2. Semua program baik individu maupun kelompok telah terlaksana dengan baik dengan partisipasi dari pemerintah dan masyarakat sekalipun banyak tantangan yang dihadapi baik dari segi daya maupun dana.
  3. Kendala yang berupa tantangan pada saat KKN dapat diantisipasi dengan baik, demi suksesnya berbagai kegiatan yang telah direncanakan dalam program kerja maupun yang tidak direncanakan.
3.2. Saran
Pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan beberapa saran yang kiranya berguna bagi lembaga Perguruan Tinggi/Universitas, pihak Desa maupun bagi kepentingan masyarakat.\

1. Bagi lembaga Perguruan Tinggi/Universitas
·     Diharapkan penempatan mahasiswa KKN selajutnya tidak hanya pada daerah    perkotaan tetapi dapat di bagi pada daerah Kabupaten.
·  Perlu adanya partisipasi aktif secara langsung dari pihak Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat khususnya, untuk terlibat secara langsung memantau kegiatan mahasiswa di lokasi KKN.
2. Bagi pihak Desa Tuapukan.
·   Perlu adanya koordinasi yang lebih baik antara pihak desa terhadap masyarakat melalui peran aktif dari ketua RT maupun RW serta tokoh masyarakat untuk dapat hadir dalam berbagai pertemuan sehubungan dengan informasi-informasi penting agar dapat disosialisasikan bagi warga setempat. Perlu ditingkatakan partisipasi aktif  dari masyarakat dalam menjalanankan program pengembangan  desa.
3. Bagi masyarakat setempat
·  Menumbuhkan pentingnya kesadaran akan lingkungan yang bersih dan sehat mulai dari tempat tinggal masing-masing sampai ke tempat-tempat umum.




KONTRIBUTOR: Sdr. Elkana Goro Leba Artikel ini disesuaikan dari berbagai sumber, Mohon maaf bila ada kesalahan pengutipan atau informasi yang kurang tepat karena "TIADA GADING YANG TIDAK RETAK". Salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel