UU Informasi Publik atau UU Transparansi, Numpang curhat: Proses Birokrasi di NTT yang Buruk, Panjang, rumit dan Membosankan



Numpang curhat: Proses Birokrasi di NTT yang Buruk, Panjang, rumit dan Membosankan (Tetapi bila ada pendapat yang berbeda, tolong share/komen dengan cara yang elegan untuk kita diskusi).
Saya sedang membutuhkan Struktur APBD NTT sekurang-kurangnya 5 tahun terkahir. Karena saya berada di luar NTT, karenanya saya mencari di internet. Setelah mutar-mutar di google dengan segala macam kata kunci, ternyata saya tidak menemukan STRUKTUR APBD NTT yang di dalamnya ada ALOKASI APBD NTT UNTUK MASING-MASING SKPD DI WILAYAH PEMROV NTT. Saya telepon nomor kantor juga tidak pernah diangkat. maka dari itu, saya minta tolong teman untuk membantu saya minta data tersebut di Biro Keuangan Setda Prov. NTT bagian Anggaran. Hari pertama dia pergi dan bertemu dengan seorang bapak dan teman saya menyampaikan tujuannya kepada bapak itu. Kata si Bapak “ia, bisa dan sangat bisa. TETAPI (masih ada tapinya nich) nona harus tulis (secara tertulis –melalui surat) agar saya kasih datanya”. Teman saya bilang oke, nanti saya bawakan suratnya (harus pake surat lagi, padahal sudah bilang saya butuh data APBD NTT emang tidak mengerti apa?). Karena itu, Empat hari kemudian, teman saya ke sana lagi, dengan membawa surat permohonan data dan beberapa dokumen lainnya yang mungkin saja dibutuhkan. Ketika sampai di sana, sang bapak yang kemarin itu tidak ada. Bertemulah dengan seorang ibu. Kata si ibu “oh, nona harus masukan surat itu ke bagian tata usaha”. Nah, teman saya pun memberikan suratnya ke bagian tata usaha”. Dari tata usaha bilang “nanti nona datang hari rabu (waktu itu hari senin) untuk datang ambil datanya”. Hari rabu lagi teman saya ke sana. Pergilah dia ke bagian tata usaha. Dari sana bilang “oh, belum nona, suratnya masih diproses, nanti hari jumat baru datang lagi”.
Saya mulai Kesal karena: (1) dari awal dari keuangan tidak bilang buatkan surat ke bagian tata usaha (apa karena pegawai di sana buta aturan?) (2) Tata usaha proses suratnya 4 hari (padahal hanya untuk minta alokasi APBD  yang seharunya diupload di internet, saya bukan minta duitnya), (3) prinsip transparansi badan publik yang atur dalam UU INFORMASI PUBLIK. Mari kita lihat aturan miannya (Ini yang bikin saya tambah kesal). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANG “KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK (KIP)”, Pasal 9 ayat 3 dan 4 mengatakan bahwa, Badan Publik (termasuk Setda NTT - Biro Keuangan) wajib, SEKALI LAGI WAJIB, menyediakan informasi dimana UU tersebut menyatakan Badan Publik: Pasal 9 AYAT (3): “Kewajiban memberikan dan menyampaikan Informasi Publik sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dilakukan paling sedikit 6 (enam) bulan sekali; AYAT (4): Kewajiban menyebarluaskan Informasi Publik, disampaikan dengan cara yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan dalam bahasa yang mudah dipahami. Mengapa Anggaran (APBD NTT) menjadi informasi publik? Sekali lagi Karena penyelenggaraan pemerintah daerah HARUS memegang teguh prinsip-prinsip keterbukaan, transparansi, responsibilitas dan sebagainya. Apa saja itu informasi publik? Ayat 2 UU tersebut mengatakan bahwa: “Informasi Publik meliputi : (a) informasi yang berkaitan dengan Badan Publik; (b)  informasi mengenai kegiatan dan kinerja Badan Publik terkait; (c) informasi mengenai laporan keuangan; dan/ atau (d) informasi lain yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.
Sesungguhnya saya bukan tidak tau prosedurnya, tetapi prosedur itu jangan dibikin rumit dan panjang. Apalagi hanya untuk minta DATA APBD yang seharusnya ada di internet, itu hak setiap orang untuk mengskses sekaligus mengawal pemerintahan, jadi tidak pakai surat segala seperti mau minta uang. Sekali lagi UU mengatakan: “pemda berKewajiban menyebarluaskan Informasi Publik, disampaikan dengan cara yang mudah dijangkau oleh masyarakat”. Inilah penyakit birokrasi kita yang menutup langkah kita untuk mengakses informasi tetapi membuka peluang bagi para koruptor untuk menjarah hak-hak rakyat. Semoga kita mengeti hak kita sebagai warga negara. Bila ada pendapat yang berbeda, tolong share/komen secara elegan. Thank u!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel