ANCAMAN GLOBALISASI

Credit: Yuksinau.id


ANCAMAN GLOBALISASI

Pembangunan sebagai salah satu paradigma dan teori perubahan sosial dewasa ini berada dlam masa krisis  dan mengalami kegagalan penerapan diberbagai negara dunia ketiga. Ada penjelasan yang menyalahkan faktor korupsi rezim(tata pemerintahan negara) nagara-negara tersebut sebagai argumen yang menyebabkan krisis dan kejatuhan kapitalisme di Asia yang terjadi secara cepat tersebut. Kapitalisme itu sendiri adalah sistem dan paham ekonomi/perekonomian yang modalnya bersumber dari modal pribadi atau modal dari perusahaan swasta dengan ciri persaingan dipasar bebas.

Meskipun demikian, suatu diskursus baru sebelum kejatuhan kapitalisme in nterjadi, telah dibangun denga percobaan untuk memperbaiki atau mereformasi sistem kapitalisme. Diskursus baru itulah yang dikenal dengan nama Globalisasi.
Globalisasi ditandai dengan pesatnya perkembangan paham kapitalisme, yakni kian terbuka dan mengglobalnya peran pasar, investarsi dan proses produksi dari perusahaan-perusahaan transnasional, yang kemudia dikuatkan oleh ideologi dan tata dunia perdagangan baru dibawah suatu aturan yang telah ditetapkan oleh organisasi perdagangan bebas secara global.
Krisis terhadap pembangunan yang terjadi saat ini pada dasarnya merupakan bagian dari krisis sejarah dominasi dan eksploitasi manusia atas manusia yang lain, yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 500 tahun, yang dapat dibagi dalam 3 fase:
  1. Fase Kolonialisme
Di fase ini berkembang kapitalisme di Eropa yang mengharuskan ekspansi secara fisik untuk menjajah bangsa-bangsa lain.
  1. Fase Era Neo Kolonialisme
Fase ini disebut juga sebagai era pembangunan dimana terjadi dominasi negara-negara penjajah terhadap negara jajahannnya walaupun negara itu sudah merdeka.
  1. Fase Liberalisasi
Dalam fase ini segala bidang yang dipaksakan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel