LAPORAN MAGANG (BAB I DAN BAB II)


laporan magang di instansi pemerintah

LAPORAN HASIL KEGIATAN MAGANG
BAB I
PENDAHULUAN


BACA BAB 3 DAN BAB 4: DISINI

A.    Latar Belakang
Berjalan seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) telah mempengaruhi segala aspek kahidupan manusia, baik dalam bidang social budaya, ekonomi dan lain sebagainya sehingga menuntut Sumber daya Manusia (SDM) yang tangguh dan berkreativitas tinggi dalam menghadapi segala perubahan yang timbul.
Dengan demikian, maka segala tantang masa depan akan terlewati dengan baik tanpa mencederai nilai-nilai social budaya dan norma-norma yang berlaku di sekitar kita. Untuk itulah maka inovasi dalam dunia pendidikan harus di tempuh, seperti halnya juga kurikulum di Perguruan Tinggi sebagai basis ilmu pengetahuan. Dalam kaitannya dengan itu, maka di Fakultas Ilmu social dan Ilmu Politik  (FISIP) Undana, mahasiswa tidak cukup untuk sekedar belajar dalam tataran teoritik di bangku Kuliah tetapi dari teori itu mahasiswa harus mampu mempelajari pada tataran empiric dan salah satunya dengan melaksanakan magang ini.
Untuk itu, mahasiswa semester VI (enam) diberikan kesempatan untuk melaksanakan magang pada instansi-instansi terkait selama satu bulan di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur khususnya di Sekretariat Daerah Nusa Tenggara Timur.

B.     Tujuan dan Kegunaan
1.      Tujuan
Ada pun tujuan dari pelaksanaan magang ini antara lain adalah sebagai berikut:
a)      Mengaplikasikan teori yang telah dipelajari dalam kegiatan perkuliahan di kampus.
b)      Untuk memperoleh pengalaman kerja pada dunia kerja
c)      Untuk mengenali suasana dan iklim birokrasi dalam prakteknya.
d)     Melatih dan mengaplikasikan kemampuan akademik yang telah dipelajari di kampus.
e)      Meningkatkan prestasi akademik dalam konsep dan aplikasinya.
f)       Mengembangkan rasa percaya diri dan melatih bekerja sama dengan orang lain.

2.      Kegunaan
Kegunaan magang ini adalah:
a)      Dapat meningkatkan pengalaman kerja bagi mahasiswa magang sebelum masuk langsung ke dalam dunia kerja.
b)      Pembentukan karakter yang berdisiplin dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri dan orang lain.
c)      Meningkatkan motivasi dan prestasi akademik.
d)     Mengenali dunia birokrasi dan iklim serta lingkungan kerjanya.
e)      Menciptakan kemandirian mahasiswa dalam bekerja.


BAB II


GAMBARAN UMUM TEMPAT MAGANG


BACA BAB 3 DAN BAB 4: DISINI

A.    Profil Biro Umum
Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Nusa tenggara Timur dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai staf atau pembantu Gubernur Nusa Tenggara Timur mengacu kepada Peraturan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor 8 Tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan mengemban visi kedepan “Menjadi penunjang dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan melalui pelayanan yang prima”.

B.     Tugas Dan Fungsi Pokok (Tupoksi) Biro Umum
1)      Tugas Biro Umum
Mengkoordinasikan penyelenggaraan ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan, tata usaha keuangan Sekretariat Daerah, protocol dan humas berdasarkan ketentuan dan prosedur yang berlaku untuk meningkatkan kualitas kerja sama dan pelayanan prima administrative kepada biro-biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi SKPD pusat dan daerah serta kepada public.

2)      Fungsi Biro Umum
Dengan mengacu pada tugas pokok tertentu di atas maka fungsi Biro umum adalah pembinaan dan petunjuk teknis tentang penataan dan pengendalian ketatausahaan Sekretariat Daerah Provinsi, Pembinaan dan pengendalian urusan kerumahtanggaan, perlengkapan dan pelayanan umum lingkup Sekretariat Daerah Provinsi, pembinaan dan petunjuk teknis pelaksanaan dan pengendalian urusan keprotokolan, humas dan pertelekomunikasian serta pembinaan dan petunjuk teknis urusan tata usaha keuangan Sekretariat Daerah provinsi.
Dengan mengacu pada tugas dan fungsi di atas, maka misi yang dijalankan Biro Umum adalah:
“Merencanakan dan melaksanakan kegiatan ketatausahaan, kerumahtanggaan dan perlengkapan, protocol, humas dan telekomunikasi serta ketatausahaan keuangan Sekretariat Daerah Provinsi untuk mencapai visi kedepan yakni pelayaanan prima dalam menunjang kelancaran kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan”.

C.    Visi dan Misi Biro Umum
1)      Visi
Visi Pemerintah Provinsi Nusa tenggara Timur tahun 2008-2013 adalah:
“Terwujudnya manusia dan masyarakat Nusa Tenggara Timur yang mandiri, majudan sejahtera lahir dan batin secara adil dan merata berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia”.
Berdasarkan visi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur di atas, maka Biro Umum salah satu SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Nusa tenggara Timur menetapkan visinya sebagai berikut: “Menjadi penunjang dalam kegiatan penyelenggaraan Pemerintah, Pembangunan dan Kemasyarakatan melalui Pelayanan prima”.
2)      Misi
Dalam upaya mencapai Visi tersebut diatas maka Biro Umum menjalankan misinya sebagai berikut: “Koordinasi, Pembinaan, Pengendalian dan pelaksanaan tugas pelayanan umum melalui;
a)      Pembinaan dan petunjuk teknis penataan dan pengendalian Ketatausahaan dan Kearsipan.
b)      Pembinaan dan pengendalian pelaksanaan  urusan kerumahtanggaan dan perlengkapan.
c)      Pembinaan dan petunjuk teknis pelaksanaan dan pengendalian Protokol, Humas dan Pertelekomunikasian Daerah.
d)     Pembinaan dan pengendalian tata Usaha keuangan Setda Provinsi Nusa tenggara Timur.

________________________________________  
KONTRIBUTOR/PENULIS: Sdr. Elkana Goro Leba, MPA. Artikel ini disesuaikan dari berbagai sumber, Mohon maaf bila ada kesalahan pengutipan atau informasi yang kurang tepat karena "TIADA GADING YANG TIDAK RETAK". Terima kasih, karena sudah mampir. Salam!
JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR DI BAWAH.
________________________________________ 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel