(Essai LPDP) Apa Yang Anda Lakukan Setelah Selesai Studi Magister


YANG SAYA LAKUKAN SETELAH MENYELESAIKAN STUDI MAGISTER


1)      Menjadi pengajar/dosen
Dosen adalah salah satu komponen esensial dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi. Dosen adalah kaum intelektual yang dapat diandalkan sebagai agen perubahan (agen of change) dan sumber ilmu pengetahuan bagi masyarakat sekitarnya. Sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen, disebutkan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang kemudian disebutkan sebagai tridharma perguruan tinggi. Selain itu, Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab. Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional.
2)      Menjadi peneliti dan pengembang ilmu pengetahuan yang peduli dengan masalah-masalah publik yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat, manajemen dan pelayanan publik.
Penelitian dan pengembangan sangat penting dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa penelitian dan pengembangan, maka tidak ada perubahan dalam ilmu pengetahuan.
3)      Mengabdi dan menjadi problem solver bagi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara terutama dalam hal masalah-masalah administrasi, manajemen dan pelayanan publik.
Ini dalam rangka penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dikembangkan di perguruan tinggi, khususnya sebagi hasil dari berbagai penelitian. Pengabdian pada masyarakat merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersiafat kongkrit dan langsung dirasakn manfaatnya dalam waktu yang relatif pendek.
4)      Bila saya diberikan kesempatan  untuk mengabdi pada lembaga pemerintahan, maka tujuan saya adalah memberantas kemiskinan
Saya berasal dari keluarga yang tidak mampu secara akonomi. Saya dibesarkan dalam situasi kemiskinan oleh ayah dan ibu saya. Banyak orang yang berbicara tentang kemiskinan dan keminskinan tertama para koruptor yang telah mengkhianati bangsa ini. Mereka berbicara kemiskinan tetapi banyak diantara mereka yang tidak pernah merasakannya tetapi saya tidak hanya berbicara tentang kemiskinan namun juga merasakannya.
Oleh sebab itu, saya ingin menjaga dan memelihara bangsa ini terutama generasi-generasi penerus bangsa. Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UUD 19945 bahwa kita sebagai anak bangsa mempunyai peran yang sangat penting, yakni melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Dalam rangka mewujudkan tujuan-tujuan tersebut, seluruh masyarakat Indonesia diwajibkan untuk berperan aktif. Saya ingin mencerdaskan kehidupan bangsa, menjaga alam kita, memberantas kemiskinan dengan cara berantaskan korupsi yang menggerogoti kehidupan bangsa ini. Hal ini semua dapat saya lakukan dengan cara mencerdaskan diri saya sendiri lewat pendidikan. Mengubah hidup dan pola pikir diri saya keluarga saya. Yang lebih besar lagi akan saya lakukan bila saya diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan Magister ini untuk kembali sebagai intelektual yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa ini, terutama di Nusa Tenggara Timur.
5)      Studi lebih lanjut untuk mendapat gelar doktor hingga mencapai guru besar.

Harapan yang diinginkan dari mengikuti Pendidikan S2 di Program Pascasarjana:
1)      Menjadi ahli dalam bidang ilmu administrasi negara
2)      Dapat mengembangkan ilmu administrasi negara ke arah yang lebih sempurna untuk mencapai kepuasan publik
3)      Wawasan bertambah luas, terutama mengenai hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan pelayanan publik, bahkan di segala segi kehidupan.
4)      Memperoleh pengalaman yang baik dalam menata kehidupan masa depan
5)      Kaya akan ilmu pengetahuan dan teknologi
6)      Menjadi harapan bagi keluarga masyarakat, bangsa dan negara dalam merintis pembangunan dan kesejahterann masyarakat.

2 Belum ada Komentar untuk "(Essai LPDP) Apa Yang Anda Lakukan Setelah Selesai Studi Magister "

  1. salam kenal Elkana, saya berniat untuk mendaftar beasiswa afirmasi dari LPDP slh satu syaratnya menulis essay yang berisi tujuan dan planing setlah selesai kuliah. persis seperti yang anda tulis. apakah tulisan anda ini juga sengaja ditulis untuk mendaftarkan beasiswa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu Essay yang saya tulis waktu saya daftar di LPDP. dan saya sudah mendapatkan beasiswanya.
      Semangat!!!!!!!!!!

      Delete
Terima kasih telah berkunjung
Berkomentarlah dengan sopan, singkat, padat dan jelas. Pastikan komentar anda berupa pertanyaan, saran, koreksi, atau hal serupa yang bermanfaat bagi anda dan bagi pembaca lainnya. Salam Jabat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel